Politik

Program Appi Yakni Membangun Manusia


IST Dr Alam Tauhid Syukur

MAKASSAR, BKM–Substansi dari visi-misi dan program Calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin alias Appi adalah untuk membangun manusia atau warga Kota Makassar.
“Semua program yang Appi sampaikan substansinya adalah pembangunan manusia. Paradigma ini tentu dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia, baik secara individu maupun secara komunitas,”ujar pakar kebijakan publik dari Politeknik STIA LAN Makassar, Dr Alam Tauhid Syukur.
Menurutnya, pendekatannya adalah pembangunan ekonomi kerakyatan. Tidak ada satupun program Appi yang dipaparkan itu tidak melibatkan nilai-nilai ekonomi kerakyatan. Dimana perencanaan program dan kegiatan berdasarkan pada kebutuhan warga Kota Makassar,”jelas Alam menanggapi visi misi Appi.
Sebelumnya Appi memaparkan visi misinya di hadapan 150 tokoh masyarakat dari Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya. “Seluruh RW harus mampu menghasilkan produk barang. Kita akan membentuk UKM-UKM berbasis RW di mana ibu-ibu rumah tangga menjadi pelaku usahanya. Pemuda-pemuda di sekitar juga akhirnya terberdayakan,”ujar Appi.
Untuk memastikan produk-produk tersebut diterima pasar, Appi juga akan membangun pusat perbelanjaan atau mall yang khusus menjajakan produk-produk UKM. Termasuk membangun warung rakyat di setiap kelurahan. Di mana produk yang dijual hanyalah produk lokal yang pabriknya berada di Kota Makassar.
“Di seluruh kelurahan juga harus terdapat coworking space. Tempat di mana pemuda kita dilatih menjadi entrepreneur 4.0. Agar tidak ada lagi jamret, begal, dan narkoba, karena anak-anak mudanya Makassar sudah terlibat kegiatan-kegiatan produktif,”jelasnya.
Program unggul lainnya adalah penghapusan iuran sampah, kewajiban bagi industri untuk mempekerjakan minimal 30 persen warga Kota Makassar, pembangunan gedung sekolah baru, pembangunan dua rumah sakit umum daerah tanpa kelas, insentif tanpa syarat bagi Ketua, Sekretaris dan Bendahara RT/RW, serta insentif bagi guru mengaji, guru sekolah minggu, pemandi jenasah, dan imam masjid. (rif)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.