Politik

Sorring, Bassang, Kalatiku dan Rinto Terus Bersaing


IST BERTEMU--Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan Dr HM Aras bertemu dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. PPP sudah merekomendasikan Adnan untuk kembali bertarung di Pilbup Gowa 23 September mendatang.

MAKASSAR, BKM–Sedikitnya empat bakal calon Bupati Toraja Utara terus bersaing memperebutkan kursi orang nomor satu didaerah tersebut.
Keempat nama tersebut yakni bupati petahana Kalatiku Paembonan, dan wakil bupati Yosia Rinto Kadang, mantan bupati Torut Frederik Batti Sorring serta Wakil Bupati Mimika Papua Yohannis Bassang.
Berdasarkan bocoran dua lembaga survei, mantan Bupati Toraja Utara Sorring masih unggul dari ketiga nama pesaingnya. Kedua lembaga tersebut yakni Saiful Mujani dan view data.
Untuk Saiful Mujani, Sorring teratas dengan 19,4 persen disusul Bassang 14,6 persen, Yosia Rinto Kadang sebesar 11,3 persen serta Kalatiku pada posisi keempat yakni 8,5 persen.
Sebelumnya, view data juga menampilkan sejumlah nama. Untuk survei lima calon tetap menempatkan Sorring pada posisi 34,3 persen, disusul Kalatiku sebesar 15,0 persen, Bassang 11,8 persen, Yosia Rinto 6,4 persen. Adapun Samuel Matasak sebesar 0,7 persen. Sementara yang tidak menjawab sebesar 31,8 persen. Adapun untuk 4 calon tetap menempatkan Sorring 35,2 persen, Kalatiku 15,0 persen, Bassang 12,7 persen serta Yosia Rinto 5,9 persen, sementara tidak menjawab sebesar 31,1 persen.
Survei yang menggunakan 440 responden tersebar di 11 kecamatan dan 44 desa. Sampel terdistribusi secara proporsional di setiap Kecamatan sesuai proporsi jumlah penduduknya. Responden dipilih secara acak dengan cara multistage random sampling. “Adapun toleransi kesalahan atau margin of error sebesar 4,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,”ujar penanggungjawab survei Iman Suhirman.
Sorring yang dimintai tanggapannya soal elektoralnya yang masih teratas mengaku masih tetap bersosialisasi dan tidak larut dengan survei yang tinggi. “Kita tak ingin jumawah, tetap bersosialisasi dengan menemui warga masyarakat,”ujar mantan caleg DPR RI dari Partai Demokrat ini. (rif)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.