Politik

Pentingnya Integritas Penyelenggara Pemilu


IST Syamsuddin Saleng.

SIDRAP, BKM–Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak 23 September 2019 lalu telah dilounching.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap, Syamsuddin Saleng yang hadir pada sebuah forum akbar bertajuk “Konsolidasi Nasional” yang diselenggarakan KPU RI di Jakarta. Hadir seluruh KPU Propinsi dan KPU kabupaten/kota.
“Ini sebuah konsolidasi demokrasi yang monumental. Karena berhasil menyajikan ‘succes story’ (kisah sukses) pemilu serentak 2019 dengan sejumlah pencapaian yang terukur dan membanggakan,”ujar Syamsuddin Saleng.
Bukan hanya membanggakan bagi KPU dan jajarannya, kata dia tapi juga membahagiakan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pasalnya, pemilu serentak 17 April 2019 berhasil memilih dan menetapkan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kab/kota.
Pesta demokrasi lima tahunan yang dinilai sukses bukan hanya di dalam negeri. Tetapi juga oleh pihak luar negeri.
Peluncuran tahapan pilkada serentak 2020 setahun lalu, kini telah memasuki tahapan penting dan menentukan.
Tahapan seleksi sumberdaya penyelenggara yang menjadi tulang punggung penyelenggaraan Pilkada di 270 daerah, yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 34 kota.
Pemilihan yang dilaksananakan sebagai perwujudan kedaulatan rakyat di wilayah propinsi dan kabupaten/kota untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara langsung dan demokratis (pkpu no 15 tahun 2019, pasal 1 ayat 1).
Khusus di Sulsel, terdapat 12 daerah yang telah meluncurkan tahapan pilkadanya dan telah memasuki tahapan pembentukan badan penyelenggara adhoc, baik ditingkat kecamatan maupun ditingkat desa/kelurahan. Ini akan berlanjut di tingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).
Syamsuddin mengaku berdasarkan tahapan, Pembentukan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dimulai pada 1 Januari 2020 dan akan berakhir 21 Agustus 2020. Tahapan, diatur pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019. (ady/rif/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.