Politik

Toraja dan Torut Tanpa Calon Perseorangan


MAKALE, BKM–Dua daerah hasil pecahan yakni Tana Toraja dan Toraja Utara tidak diminati oleh para bakal calon yang akan maju lewat jalur perseorangan atau independen.
Hal tersebut lantaran tidak satupun bakal calon yang menyerahkan dokumen dukungan KTP elektonik ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja dan Torut hingga Minggu pukul 24.00 Wita.
Komisioner KPU Devisi Tehnik dan Penyelenggaraan Rahmat Hidayat yang dikonfirmasi Senin (24/2) membenarkan tidak ada bakal calon yang menyerahkan dukumen.
“Hingga larut malam kami menunggu tidak satupun yang datang mendaftar, meskipun beredar issue DR Massellus Rantetana-Antonius (Maraton) telah mengumpulkan e-KTP. Demikian pula yang pernah buka sistim pencalonan online (Silon) Nicodemus juga tidak mendaftar perseorangan,” kata Rahmat.
Hal serupa terjadi di KPU Toraja Utara tidak ada peminat dijalur perseorangan.
Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom mengemukakan bila jalur perseorangan lebih berat dari calon bupati di usung partai politik.
Pasalnya penginputan data selain menyita waktu, juga berkonsekwensi hukum sebab pemilik eKTP diverifikasi faktual dan mendapat persetujuan dari pemilik KTP.
“Apalagi jika mendaftar di deadline sangat tidak mungkin dilakukan mendadak,” kata Bonnie Fredom (gus/rif/d).

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.