Politik

Empat Rival Adnan Tak Setor Berkas


UNTUK Pemilihan bupati (Pilbup) Gowa, juga tak ada yang mendaftar jalur perseorangan, padahal ada empat bakal calon yang sejak awal melakukan sosialisasi untuk menantang Bupati Gowa petahana Adnan Purichta Ichsan. Keempatnya yakni Sugianto Pattanagara, Hj Ria Efendi, Nurhikma Ola Daeng Cora dan Ir Kaharuddin.
“Sampai sekarang tidak ada yang melakukan konfirmasi,”ujar ketua KPU Gowa Muktar Muis, Minggu (23/2) malam.
Di Selayar, juga hanya diminati satu pasangan calon saja, meski yang mengambil user Silon ada tiga pasangan.
Ketiga yang mengambil user Silon yakni pasangan Basli Ali-Syaiful Arif, Prof Akbar Silo-Daeng Marowa, namun hanya pasangan Zainuddin-Aji Sumarno yang datang ke KPU mendaftar.
“Tadi (Kemarin) pasangan Zainuddin-Aji Sumarno menyerahkan syarat dukungan. Kalau LO Prof Akbar Silo sudah menyampaikan beberapa hari lalu jika dia tidak akan maju melalui jalur perseorangan, begitupula dengan LO Basli Ali,”ujar Koordinator Divisi Tekhnis KPU Kepulauan Selayar, Andi Dewantara.
Tapi saat ini dirinya belum melakukan perhitungan jumlah dukungan yang telah diserahkan oleh pasangan Zainuddin-Aji Sumarno, tapi dalam data Silon sudah melebihi syarat dukungan yang telah ditentukan KPU.
“Pak Zainuddin-Aji Sumarno telah memasukan data sebanyak 10.978 dan sudah melebihi 9.991 yang berasal dari 11 kecamatan,” lanjutnya.
Kini KPU Selayar akan melakukan perhitungan apakah syarat dan jumlah dukungan yang diserahkan itu sah atau tidak. “Kita ini baru akan melakukan penelitian jumlah, walau dalam Silon 10 ribu tapi dukungan yang masuk bisa kurang atau lebih, jadi baru kita hitung sampai tanggal 26,” ujarnya.
Jika nantinya dalam penelitian jumlah syarat dukungan tidak sesuai yang dimasukan dalam Silon atau kurang pastinya pasangan Zainuddin-Aji Sumarno dinyatakan gugur.
“Otomatis gugur, sekiranya dia memasukan pada tanggal 19 Februari lalu dan saat pemeriksaan dinyatakan tidak cukup, maka memungkinkan sampai hari ini. Tapi dia gunakan pada hari terakhir maka tidak ada lagi penambahan maupun perbaikan,” tuturnya.
Di Barru Andi Rahmat juga belum melaporkan akan menyetor berkas dukungannya ke KPU. Padahal Andi Rahmat sudah mengambil user Silon di KPU.
Untuk Pilbup Bulukumba tanpa diikuti calon perseorangan, demikian pula di Pilbup Tana Toraja maupun di Toraja Utara. (rif)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.