Headline

Mantan Ketua DPRD Terciduk Nyabu di Kamar


ENREKANG, BKM — Selasa sore (19/2) pukul 17.00 Wita. Beberapa personel kepolisian melakukan pengintaian. Mereka tengah berada di Jalan Gotong Royong Belajen, Kelurahan Kambiolangi, Kecamatan Alla, Enrekang.
Petugas dari Satuan Reserse Polres Enrekang itu bergerak senyap. Pada momen yang tepat, kira-kira pukul 19.00 Wita, mereka melakukan penggerebekan di sebuah rumah. Ini adalah tempat tinggal DD.
Lelaki paruh baya berusia 55 tahun itu bukanlah orang biasa. Melainkan tokoh di Bumi Massenrempulu. DD pernah menjadi ketua DPRD Enrekang.
Inisial yang kemudian diketahui sebagai Diswan Duma itu menjadi legislator pada periode 2014-2019. Kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini terpilih di daerah pemilihan (dapil) III, yang mencakup Kecamatan Alla, Curio, Baroko, dan Masale. Bahkan tercatat sebagai peraih suara terbanyak.
Pada pemilihan legilastif 2019 lalu, Diswan kembali mencalonkan diri dan bersaing di tingkat provinsi. Dia masuk dalam daftar caleg PAN. Namun gagal tembus ke legislatif Sulsel.
Sebelum menjadi anggota dewan, Diswan dikenal sebagai pedagang hasil bumi berupa kopi. Ia membeli kopi dari petani lalu kemudian diolahnya dalam bentuk bubuk.
Setelah tak duduk di kursi wakil rakyat, Diswan membuat penginapan. Di situ pula ia tinggal. Di sinilah polisi menangkapnya.
Kapolres Enrekang AKBP Endon Nur Cahyo melalui Kasatres Narkoba AKP Ridwan, Rabu (19/2), mengonfirmasi pengungkapan kasus tersebut. Kata dia, penangkapan dilakukan berdasarkan laporan masyarakat, bahwa di kediaman DD dicurigai sering terjadi praktik penyalahgunaan narkoba jenis sabu.
”Setelah menerima laporan, personel Satres Narkoba melakukan pengintaian di sekitar rumah terduga. Selama dua jam pengintaian, akhirnya terduga terlihat sedang masuk ke rumah. Tim lalu bergerak cepat untuk melakukan penggerebekan,” ungkap AKP Ridwan.
Pada saat digerebek, DD tak bisa mengelak. Di dalam kamarnya didapati barang bukti satu buah pireks kaca yang berisi serbuk putih sabu.
”Dari hasil pemeriksaan, terduga mengaku sudah menggunakan sabu. Sisanya masih ada di dalam pireks. ”Tersangka beserta barang bukti kini diamankan di Mapolres Enrekang guna pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya.
Penangkapan Diswan membuat kaget mantan koleganya yang duduk di DPRD Enrekang. Salah satunya Abdurahman Zulkarnain. Kader PAN ini menjabat sebagai wakil ketua DPRD.
”Kebetulan saya baru tahu dari kita (BKM). Terus terang saya kaget. Mudah-mudahan beliau bisa bersabar menghadapi ujian ini. Kami mendoakan beliau mampu menjalani prosesnya dengan baik,” ujarnya yang ditemui di sela-sela perayaan HUT Kabupaten Enrekang, Rabu (19/2). (her/b)

Komentar Anda




Comments
To Top