Headline

Guru SMPn 3 Makassar Raih Doktor PKLH di UNM


MAKASSAR, BKM — Darmawati, guru teladan (Guruku Panutanku) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2014 mengikuti sidang ujian promosi untuk meraih gelar doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) di Program Pascasarjana (PPs) UNM, Rabu (19/2).
Guru SMP Negeri 3 Makassar ini mempertahankan disertasi dengan judul; Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Integrasi Mata Pelajaran IPS (PBL-IPS) di Sekolah Menengah Pertama. Disertasi menggunakan riset dan pengembangan (R&D).
Jalannya ujian promosi dipimpin Ketua Dr Sulaiman Samad,MSi, dengan anggota Prof Dr Sapto Haryoko,MPd, Prof Dr Gufran D Dirawan,M.EMD, Prof Dr Anshari,MHum, Prof Dr Jasruddin,MSi, Prof Dr Ramli Umar,MSi, Dr Ir Nurlita Pertiwi,MT, dan Drs Muh Hasbi,MSi,PhD.
Guru penerima beasiswa guru teladan dari UNM tahun 2014 menghasilkan temuan berupa produk buku model dan panduan model pembelajaran berbasis lingkungan integrasi mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil uji coba dan diseminasi produk buku dan panduan model, Darmawati berkesimpulan valid, praktis, dan layak diterapkan dan digunakan guru di SMP.
Darmawati yang juga wakasek kesiswaan merekomendasikan agar setiap SMP dapat menjadikan produk risetnya sebagai referensi dalam pembelajaran berbasis lingkungan. Hal itu juga terkait dengan penguatan sekolah bernuansa adiwiyata.
Seusai menjawab sanggahan, bantahan, dan klarifikasi dewan penguji, Darmawati dinyatakan lulus dengan IPK 3,98 dan predikat kelulusan sangat memuaskan. Dia tercatat alumni ke-849 PPs dan ke-73 Prodi PKLH.
Prof Dr Anshari selaku kopromotor merasa bangga atas pencapaian gelar doktor bagi mahasiswa bimbingannya itu. ”Tidak sia-sia disematkan penghargaan sebagai guru berprestasi untuk Darmawati,” ujarnya.
Menurut Wakil Direktur 3 PPs UNM ini, prestasi Darmawati tidak hanya berdasarkan penilaian masyarakat, tetapi juga penilaian akademik dengan mencapai tingkat pendidikan tertinggi. (rls)

Komentar Anda




Comments
To Top