Sulselbar

IPM Enrekang Peringkat II di Sulsel


BKM/SUHERMAN Dr H Baba

ENREKANG, BKM — Pemerintah Kabupaten Enrekang patut diacungi jempol. Di bawah kepemimpinan Bupati H Muslimin Bando dan Wabup Asman, daerah ini menorehkan prestasi. Enrekang menempati peringkat II indeks pembangunan manusia (IPM) di Sulawesi Selatan.
Data Badan Pusat Statistik (BPS) selama 2018-2019, pertumbuhan ekonomi era MB dan Asman, IPM Enrekang mencapai 72,15 persen. Beda tipis dengan Luwu Timur yang berada di peringkat satu dengan capaian 72,16.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Enrekang Dr H Baba mengatakan, jika diikutsertakan wilayah kota Makassar, Parepare dan Palopo, posisi IPM Enrekang berada pada ranking V.
“Alhamdulillah, tahun ini IPM kita peringkat kedua setelah Luwu Timur. Kita juga ungguli Kabupaten Bantaeng berdasarkan data resmi BPS tahun 2019,” kata H Baba di ruang kerjanya, Senin (17/2).
Menurutnya, penentuan indeks ini berdasarkan beberapa indikator kinerja pemerintahan. Di antaranya pendidikan yang meningkat, kesehatan meningkat, dan daya beli masyarakat yang tinggi.
Atas capaian tersebut, bupati mengaku bangga dengan membaiknya IPM Enrekang. Selain itu, H Baba juga menyebut saat ini angka pengangguran di daerahnya berada pada angka 1,3 persen. (her/c)

Komentar Anda




Comments
To Top