Sulselbar

Sorring Unggul Survei di Pilbup Torut


MAKASSAR, BKM–Mantan Bupati Toraja Utara Frederik Batti Sorring unggul survei yang dilaksanakan oleh lembaga survei nasional Saiful Mujani.
Bocoran survei yang diterima koran ini menempatkan Sorring yang juga mantan calon anggota DPR RI ini berada pada posisi teratas dengan 19,4 persen. Tempat kedua yakni Yohanis Bassang 14,6 persen dan ditempat ketiga yakni wakil bupati Yosia Rinto Kadang sebesar 11,3 persen. Adapun bupati petahana Kalatiku Pembonan berada pada posisi keempat yakini 8,5 persen.
Posisi kelima ditempati oleh Sindra Maraya Bangri yakni 4,9 persen disusul oleh Ketua Frederik Viktor Palimbong 2,4 persen, Jacobus K Mayong Padang 2,4 persen serta Thomas Raya Tandisau 1,3 persen.
Sementara 15 bakal calon lainnya elektoralnya masing-masing dibawah 1 persen.
Saiful Mujani juga melakukan survei untuk 8 bakal calon, namun tetap menempatkan Sorring berada pada posisi teratas disusul oleh Yohanis Bassang, Yosia Rinto Kadang, Kalatiku Paembonan, Frederik Viktor Palimbong, Jakobus K Mayong Padang, Petrus Tangke Rombe dan Zeth Salurapi.
Berujuk pada survei yang dilakukan sejak 17 hingga 23 januari ini membuat para bakal calon mulai membangun koalisi untuk berpasangan.
Frederik Batti Sorring kemungkinan menggandeng Frederik Viktor Palimbong yang tak lain adalah Ketua DPD II Partai Golkar Torut, sementara Yosia Rinto Kadang yang juga ketua DPD Nasdem Torut hampir pasti menggandeng Yonatan Pasodung.
Partia Golkar mengontrol 5 kursi diparlemen, sementara Demokrat 4 kursi. Adapun Partai Perindo juga mengontrol 2 kursi.
Viktor yang dimintai tanggapannya soal wacana dirinya mendampingi Sorring mengaku jika banyak yang menghendaki dirinya bersama Sorring. “Karena banyak yang menginginkan, maka kita tentu berharap dapat bersama di Pilbup nanti,”ujar Viktor.
Sorring yang dihubungi lewat ponselnya juga belum berhasil dikonfirmasi. Adapun Yosia Rinto hampir pasti berpasangan dengan Yonatan Pasodung. Bahkan keduanya telah menerima rekomendasi dari DPP Partai Nasdem yang memiliki 6 kursi diparlemen.
Peluang Sorring dengan Viktor terbuka untuk berpasangan mendapat tanggapan dari Firman. Juru bicara Sorring ini menilai jika Partai Golkar melihat potensi kemenangan di kedua pasangan ini, “Bapak Sorring merupakan mantan bupati Toraja Utara dan pak dedi Palimbong adalah seorang pengusaha sekaligus kader Partai Golkar dan saat ini menjabat sebagai ketua DPD II di Toraja Utara,”ujar Firman, Minggu (16/2).
Menurutnya, jika keduanya bisa menyatu dan berkolaborasi peluang menang sangat terbuka lebar, apalagi masyarakat Toraja Utara masih sangat menginkan Sorring, “Ini dibuktikan dengan beberapa hasil lembaga survei yang selalu menempatkannya di posisi pertama, semoga saja keinginan masyarakat toraja utara bisa tercapai dan bisa terkabulkan sehingga aspirasi masyarakat Toraja utara pada khususnya dapat terpenuhi di tingkat eksekutif apabilah kedua pasangan ini terpilih,”pinta Firman. (rif)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.