Politik

Bupati Ingin Partisipasi Pemilih Meningkat 90 Persen


BKM/MUH AMIN LOUNCHING--Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali bersama Ketua DPRD, unsur Forkopimda dan pimpinan partai politik disela-sela kegiatan lounching pilkada di Hotel Agri, Rabu (5/2) malam.

BULUKUMBA, BKM–Pemilihan bupati (Pilbup) di Kabupaten Bulukumba segera digelar pada 23 September mendatang. Mengawali proses tahapan pelaksanaan Pilbup, pihak penyelenggara yakni KPU melaksanakan launching Pilbup Bulukumba di Hotel Agri, Rabu (5/2) malam.
Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang didaulat melaunching Pilbup 2020 yang ditandai dengan pemukulan gong dan disaksikan ratusan undangan dari berbagai elemen yang memenuhi Ballroom Hotel Agri diantaranya Ketua DPRD Bulukumba H Rijal, unsur Forkopimda, para pimpinan parpol dan unsur ormas, OKP dan lembaga kemahasiswaan.
Bupati meminta KPU Bulukumba menjadi “wasit” yang baik, termasuk kepada para PPK untuk tidak menjadi tim sukses calon. Jika “wasit” memihak atau tidak netral maka pemain akan mengeroyok. “Saya minta para PPK jangan menjadi tim sukses, jangan mau menerima sogokan karena itu akan merugikanmu,”ujar bupati.
Bupati dua periode ini juga meminta agar jajaran KPU aktif memberikan sosialisasi ke masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih. “Pengalaman pada Pilkades sebelumnya, rata-rata partisipasi pemilih mencapai 90 persen. Kita berharap Pilkada 2020 partisipasi pemilihnya juga bisa meningkat mencapai 90 persen,”pintanya.
Launching ini mengambil tema Pilkada Yang Damai, Berbudaya dan Bermartabat. Ketua KPU Bulukumba, Kaharuddin mengemukakan bvla launching dimaksudkan sebagai komitmen untuk mengawal bersama tahapan pelaksanaan Pilbup, meski sebelumnya sudah ada tahapan yang sudah berjalan.
“Tema ini menjadi harapan kita bersama agar Pilkada 2020 tidak berada dalam zona merah, dan mudahan tetap masuk di zona hijau sebagaimana pada pemilu 2019 yang lalu,”pinta Kaharuddin.
Momentum launching, lanjut Kaharuddin juga dimaksudkan untuk mengapresiasi Hari Jadi Kabupaten Bulukumba yang mengambil tema Menyongsong Bulukumba dalam Harmoni dan Sukses Pilkada 2020 “Tentu ada tekad besar dari Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk menyukseskan Pilkada,”imbuhnya.
Dalam mengawal tahapan Pilbup, KPU harus berpegang teguh prinsip sebagai penyelenggara yaitu harus senantiasa menjunjung tinggi kemandirian, kejujuran, dan keadilan dalam melakukan pelayanan. “Dalam bekerja juga harus berkepastian hukum, dimana semua keputusan memiliki landasan hukum yang telah ditetapkan,” katanya.
Selain itu, dalam pesta demokrasi ini, KPU juga akan memperhatikan aksesibilitas warga dalam menyalurkan hak suaranya, khususnya kepada para penyandang disabilitas.
Pada momentum tersebut, KPU juga melaunching maskot dan jingle Pilkada 2020. Maskotnya diberi nama Si Damar yang berbentuk perahu Pinisi. Filosofi dipilihnya kayu Damar sebagai maskot karena kayu damar pada masa lalu dapat dijadikan sebagai alat penerang. “Harapan kita Pilkada ini menjadi alat penerang dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bulukumba,”jelas Komisioner KPU Awaluddin. (min/rif/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.