Politik

Dukungan KTP Ganda, Bisa Calon Independen?


MAKASSAR, BKM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, telah menjadwalkan penyerahan syarat dukungan sebaran berupa el-KTP pasangan calon perseorangan sesuai dengan jadwal tahapan selama 5 hari dari tanggal 19 Februari hingga 23 Februari 2020.
KPU juga mengingatkan para bakal calon yang maju lewat jalur persorangan terkait peta rawan, terutama pada verifikasi faktual dukungan KTP.
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Makassar, Gunawan Mashar menjelaskan bahwa syarat minimum dukungan yang diserahkan calon perseorangan sebanyak 72.570 syarat dukungan.
“Batas maksimal tidak ada, sebanyak-banyaknya. Tidak ada masalah, sepanjang yang memberi dukungan memenuhi syarat,” ujar Gunawan, Rabu (5/2).
Termasuk antisipasi kopian KTP yang bukan elektronik, bagaiman jika ada kopian KTP yang sama dengan dua kandidat berbeda?. Menurutnya ini tentu akan berpengaruh besar.
Gunawan menegaskan, dukungan ganda akan diperdalam pengecekannya saat verifikasi administrasi.
Dimana saat pencocokan dan pengecelan di silon akan terlacak dukungan ganda ke paslon. Saat verifikasi faktual, dukungan ganda akan dicek langsung ke orangnya.
“Kalau terbukti memberi dukungan ke dua atau lebih bakal paslon, dukungan akan digugurkan,” tegasnya.
Tak hanya itu, manakala pemilik KTP melakukan protes dengan alasan tidak pernah memberi dukungan, dia dipersilahkan mengisi berita acara, dan dukungannya digugurkan.
“Sedangkan syarat dukungan tidak disertai materai. Yang disertai materai itu hanya dokumen B.1.1 KWK. Dokumen ini adalah rekap nama-nam yang memberi dukungan. Di diprint dari silon,”pungkas Gunawan. (rif)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.