Bisnis

XL Axiata Gencar Bangun Jaringan 4G dan Fiberisasi


IST BTS -- Perawatan secara berkala pada tiap BTS membuktikan komitmen XL memberi pelayanan terbaik kepada para pelanggannya.

MAKASSAR, BKM — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bertekad menghadirkan layanan berkualitas prima di seluruh wilayah layanannya. Pesatnya peningkatan trafik data dan juga berkembangnya pasar telah mendorong XL Axiata untuk menyiapkan berbagai rencana strategis guna memenuhi segala ekspektasi pelanggan.
Termasuk di dalam rencana tersebut adalah berlanjutnya perluasan jaringan data 4G, fiberisasi seluruh jaringan, juga peluncuran produk yang disesuaikan kebutuhan pelanggan.
Regional Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti, mengatakan, ditingkat regional, pihaknya berhadapan langsung dengan kompetisi yang sangat ketat dalam meyakinkan masyarakat pengguna layanan data. Pola dan trend penggunaan layanan data rata-rata memang terus meningkat disemua area. Bahkan secara nasional.
Namun disetiap area memiliki karakteristik pengguna yang khas. Untuk sebagian besar daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga DI Yogyakarta dengan trafik cukup tinggi, karakter pelanggan sangat mobile dan lebih membutuhkan kualitas jaringan yang prima.
Pertumbuhan trafik data yang signifikan mayoritas didorong layanan streaming dari beberapa platform seperti YouTube, Facebook, dan Instagram. Tren ini yang kemudian memacu XL Axiata untuk terus meningkatkan kualitas jaringan untuk mendukung layanan streaming.
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan adalah melalui proses fiberisasi. Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber. Termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS. Di antaranya mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.
Menurut Sofia, fiberisasi jaringan ini merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G yang mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah. Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir. (mir)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.