Bisnis

Bank Sulselbar Luncurkan Bayar Pajak Lewat Gopay


IST LAUNCHING -- Suasana launching produk bayar pajak lewat Gopay.

MAKASSAR, BKM — Perayaan ulang tahun ke-59 Bank Sulselbar tahun 2020 ini, terasa agak istimewa. Pasalnya, bank daerah ini membuat suatu inovasi. Yakni membayar pajak terutama Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menggunakan Gopay lewat fitur GoBills yang tersedia di aplikasi Gojek.
Gopay merupakan uang elektronik pertama yang bekerja sama dengan Bank Sulselbar untuk pembayaran PBB. Inovasi ini bertujuan untuk semakin memudahkan masyarakat Sulsel dan Sulbar dalam melakukan pembayaran pajak.
Juga, membantu Pemerintah Provinsi Sulsel dan Sulbar dalam memaksimalkan potensi penerimaan daerah dengan mewujudkan pengumpulan pajak yang aman, efektif, dan transparan. GoPay umumkan kerjasamanya dengan Bank Sulselbar melalui
penandatanganan nota kesepahaman (MoU).
”Bertepatan ulang tahun Bank Sulselbar yang ke-59, kami senang dapat mengumumkan kolaborasi strategis Bank Sulselbar dengan GoPay, sebagai uang elektronik yang paling banyak digunakan masyarakat berupa inovasi pembayaran pajak secara non tunai. Kami harap dapat memudahkan masyarakat dalam membayar pajaknya tepat waktu,
serta terpenting adalah menunjang administrasi dan pengelolaan keuangan daerah yang
transparan, efisien, dan akuntabel. Hal ini sejalan dengan upaya kami dalam mendukung
pemerintah daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” ungkap Plt Direktur
Utama Bank Sulselbar, Irmayanti Sulthan.
Head of Ecosystem Expansion GoPay, Edwin Ariono, mengatakan, pengembangan inovasi ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk memaksimalkan transaksi nontunai dalam transaksi keuangan pemerintah.
Sebagai uang elektronik yang paling banyak digunakan di Indonesia, GoPay terus berupaya mendukung cita-cita tersebut dengan menghadirkan kemudahan pembayaran nontunai di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Termasuk dalam membayar pajak.
”Kami berharap, kerja sama kami dengan Bank Sulselbar ini tidak hanya akan memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dalam mengumpulkan pajak. Sehingga menjadi lebih aman dan transparan,” katanya.
Selain kemudahan dalam membayar PBB, pengguna Gopay di Sulselbar juga bisa melakukan top up saldo Gopay menggunakan mobile banking Bank Sulselbar. Hal ini akan semakin memudahkan para pengguna GoPay di Sulsel dan Sulbar yang menunjukkan tren positif.
Untuk wilayah Makassar saja, pengguna transaksi digital Gopay mengalami pertumbuhan hingga 16 kali lipat dengan pertumbuhan transaksi hingga 20 kali lipat selama dua tahun terakhir.
Berdasarkan Fintech Report 2019 yang diterbitkan DailySocial, Gopay merupakan dompet
digital paling banyak digunakan selama tahun 2019 dengan persentase pengguna
mencapai 83,3 persen.
Sebelumnya, Gopay juga sudah menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa bank daerah lainnya untuk menghadirkan kemudahan transaksi non tunai menggunakan Gopay untuk pembayaran pajak daerah, seperti BPD Jatim, BPD Jateng, BPD DIY, Bank Sumut, Bank NTB, dan Bank Kalsel.
”Kedepannya, kami pun berharap agar manfaat inovasi transaksi non-tunai untuk pembayaran pajak ini bisa dirasakan daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia,” tutup Edwin. (mir)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.