Politik

Bawaslu Lindungi Petugas Lapangan


MAKASSAR, BKM–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar melakukan kerjasama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan.
Untuk itu, Ketua Bawaslu Makassar Nursari serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar Dodit Isdiyono melakukan Penandatangan MoU, di Kantor Bawaslu Makassar, Jl. Anggrek Raya No. 02A Makassar, Senin (20/1).
MoU ini ditandatangani dalam rangka keikutsertaan Bawaslu Makassar untuk melindungi petugas Pemilu (Panwascam/PPL/PTPS) kedalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Sebanyak 2.297 petugas pemilu yang terdiri dari 45 orang Panwascam, 153 Pengawas Kelurahan dan dari 2099 PTPS akan mendapatkan perlindungan dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama Pelaksanaan Pilwali Makassar.
Untuk Panwascam akan didaftar Per-Januari, Panwas Kelurahan di Bulan Maret serta Panwas TPS Per-Agustus nanti. Untuk iuran akan ditanggung oleh Bawaslu Makassar.
Kepala Sekretariat Bawaslu Makassar M. Amsarizal Yunus mengatakan jika pendaftaran itu merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab Bawaslu Makassar untuk selalu melindungi petugas pemilu dari resiko kerja serta memberi rasa nyaman dalam bekerja selama Pilwali berlangsung.
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Dodit Isdiyono mengatakan bahwa selama Pilwali, maka resiko kerja adalah tanggung jawab negara melalui BPJS Ketenagakerjaan.
“Petugas pemilu tidak takut lagi dalam melaksanakan amanah dan pengabdian dari negara seperti tahun sebelumnya. (rif)

Komentar Anda


Comments

To Top