Metro

Dalami Sutera, NA Akan Kirim Milenial ke India


MAKASSAR, BKM–Demi memperdalam pengembangan sutera di Sulsel, Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah, ingin mengirim para milenial ke India. Cara ini dianggap bisa meningkatkan kualitas produksi sutra.
Hal ini ditegaskan NA sapaak akrab gubernur saat menerima kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (14/1).
Pertemuan ini membahas tentang berbagai potensi kerjasama, seperti pendidikan, budaya dan dunia usaha.
Kepada Duta Besar India untuk Indonesia, NA menawarkan pengembangan sutera. Karena Sulsel khususnya Kabupaten Wajo, merupakan daerah penghasil sutera, demikian juga dengan India.
“Kami sampaikan salah satu yang cocok kita kerjasamakan itu sutra. India itu terkenal silknya, kenapa tidak dengan sutra kita. Kita ingin proses tradisional sutra tetap dipertahankan, tetapi kita harus meningkatkan kualitas dengan produksinya lebih besar. Olehnya hilirisasi ini harus kita dorong,” jelas Nurdin.
Untuk mencapai hal tersebut, Nurdin akan menyiapkan para kaum milenial untuk berpartisipasi mengembangkan sutera. Caranya dengan menyiapkan beasiswa bagi mereka yang mau belajar ke india.
“Tadi ada satu poin penting pertemuan kami yang beliau tawarkan, menyiapkan beasiswa bagi kaum milenial yang mau short course (kursus singkat) ke India. Mereka siap menfasilitas kaum milenial, terutama alumni SMK yang berminat untuk pengembangan sutera,” ujarnya.
Sementara, Pradeep menilai industri sutra dapat berkembang dengan baik di Sulsel, karena masyarakat Sulsel dianggap memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Kerjasama lainnya pun dikatakan bisa dikembangkan.
“Banyak kesempatan untuk kami bisa bekerjasama dengan pengusaha dan penduduk Sulawesi Selatan. Selain itu, juga punya tradisi tentang sutera yang kuat,” ujarnya.
Duta Besar India ini juga menyambut ketertarikan Gubernur untuk mengirim kaum milenial ke India dan memperkuat keterampilan mereka. India dan Indonesia memiliki penduduk muda yang banyak.(nug)

Komentar Anda




Comments
To Top
.