Sulselbar

Faisal Sapada Dilatik Addatuang Sidenreng


LANTIK -- Hasil rapat keluarga besar addatuang bersama pemangku adat dan perwakilan arung memberikan persetujuan menetapkan, mengangkat dan menobatkan, melantik Dr Ir H Andi Achmad Faisal Sapada SE MM sebagai addatuang Sidenreng yang ke XXV, Senin (13/1).

SIDRAP, BKM — Hasil rapat keluarga besar addatuang bersama pemangku adat dan perwakilan arung memberikan persetujuan untuk menetapkan, mengangkat dan menobatkan, melantik Dr Ir H Andi Achmad Faisal Sapada SE MM sebagai addatuang Sidenreng yang ke XXV, Senin (13/1).

Hal ini dilakukan menyusul mangkatnya addatuang sidenreng ke XXIV yang mulia Andi Patiroi Pawiccangi dan surat pengunduran diri Andi Sahrir Pawiccangi sebagai arung Malolo.
Para pemangku adat dan rumpun keluarga addatuang Sidenreng melaksanakan rapat penunjukan dan penobatan addatuang Sidenreng yang ke XXV (25), di Saoraja Mannangae TurungenTeteaji Kecamatan Tellu Limpoe (Kediaman Andi Petta Cakkudu).
Sesuai aturan lontara puraonrona Sidenreng kedudukan addatuang ditentukan oleh keluarga besar addatuang Sidenreng melalui para matoa, pabbicara serta para arung dalam kapasitas sebagai pemangku adat kerajaan Sidenreng.
Hasil penetapan addatuang melalui berbagai kriteria yang di persyaratan diantaranya melalui garis keturunan, sehat jasmani dan rohani serta kemampuan intelektual.
Bupati Sidrap diwakili Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Andi Faisal Burhanuddin mengucapkan selamat atas penobatan Andi Faisal Achmad Sapada sebagai Adettuang Sidenreng Ke-XXV.
“Semoga terpilihnya Addattuang Sidenreng Ke 25 bisa bersinergi dengan Pemkab,”harapnya.
Sementara Addattuang terpilih Andi Achmad Faisal Sapada mungucapkan terima kasih kepada rumpun keluarga adettuang yang telah memberikan amanah kepadanya.
“Insya Allah amanah yang diberikan kepada saya akan saya jaga, dan yang terpenting sinergitas dengan pemerintah serta adettuang sidenreng tidak akan terlibat dengan politik,” ujarnya.Andi Faisal Sapada berkomitmen membesarkan, menjaga dan melestarikan nilai- nilai budaya Addattuang Sidenreng.
“Program pertama antinya mendirikan rumah adat Saoraja Sidenreng, disana kita akan isi dengan kegiatan dan memperkenalkan budaya Sidenreng,” tambahnya.
Setelah pengukuhan ini maka selanjutnya akan di laksanakan penobatan Akbar addatuang Sidenreng yang Ke XXV yang pelaksanaannya menunggu jadwal dari Gubernur Sulsel.
Ketua panitia Andi Syafiuddin (a.cacang) mengatakan bahwa penobatan Akbar akan kita jadwalkan sambil menunggu kesempatan dari Bupati Sidrap dan bapak Gubernur Sulsel.
(ady/C)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.