Headline

Massa Desak KPU tak Proses Penggantian Misriani


MAKASSAR, BKM– Sekelompok massa Aliansi Masyarakat Pemilih Ibu Misriani dari Gerindra menggelar demo di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan, Kamis siang (5/12). Mereka menyuarakan desakan kepada KPU untuk membatalkan proses penggantian Misriani Ilyas sebagai calon legislator terpilih DPRD Sulsel.
“Aksi yang kami lakukan pada siang ini untuk mendesak pihak KPU agar konsisten dan profesional menjalankan amanat undang-undang pemilu dan amanah terhadap suara pilihan rakyat,” tegas koordinator massa Syamsul Arsyam.
Menurut Syamsul, saat ini Misriani telah mengajukan gugatan balik di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Karenanya, ia meminta KPU menghargai proses hukum yang tengah berjalan.
Oleh karena itu, pihaknya mendesak ketua KPU dan DPRD untuk tidak melakukan penetapan dan pelantikan caleg pengganti sebelum adanya keputusan dari pengadilan.
Adapun pelaksanaan rapat pleno yang telah dilakukan oleh KPU Sulsel beberapa waktu lalu untuk menetapkan pengganti Misriani sebagai legislator terpilih DPRD Sulsel, dianggap oleh massa pendukungnya. Alasannya, upaya hukum masih berproses.
“Kami menolak hasil pleno ilegal KPU karena gugatan caleg terpilih masih berlangsung di pengadilan,” lanjutnya.
Saat menemui peserta aksi, Ketua KPU Sulsel Faisal Amir menegaskan, penggantian diproses karena Misriani tidak lagi menjadi anggota partai Gerindra.
“Syarat jadi anggota legislatif adalah harus menjadi anggota partai. Ketika seseorang dipecat, maka otomatis tidak menjadi anggota partai lagi, sehingga tidak memenuhi syarat jadi anggota legislatif,” jelasnya. (arf/rus)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.