Gojentakmapan

Dishub Gowa Sosialisasikan APCT Kendaraan Angkutan Barang


BKM/SAR TEMPEL STIKER -- Asisten II Pemkab Gowa, Mappasomba, menempel stiker alat pemantul cahaya tambahan pada salah satu truk angkutan barang.

GOWA, BKM — Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa, melaksanakan sosialisasi atau launching Alat Pemantul Cahaya Tambahan (APCT) pada kendaraan bermotor, kereta gandeng, dan kereta tempelan.
Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor Bagian Pengujian Kendaraan Dishub Gowa, Kamis (5/12), dibuka resmi bupati Gowa diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Gowa, Mappasomba dihadiri Kasubdit Manajemen Keselamatan Direktorat Sarana Tranportasi Jalan, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Avi Mukti Amin dan sejumlah Kadis Perhubungan lingkup Mamminasata.
Dalam sosialisasi yang ditandai dengan launching pemasangan APCT ini, Asisten II Pemkab Gowa Mappasomba menyampaikan apresiasinya terhadap pihak Kemenhub RI. Karena memilih Gowa sebagai tempat pelaksanaan launching APCT di Sulsel.
”Kami yakin, dengan dilakukannya pemasangan alat pemantul cahaya tambahan ini pada kendaraan angkutan barang seperti bus penumpang, truk barang, mobil tangki dan lainnya, tentu akan dapat menekan kasus kecelakaan lalulintas (Lakalantas). Bahkan jika ini sudah diterapkan full, maka Pemkab akan menjadikan ini sebagai persyaratan utama bagi operasional kendaraan angkutan barang yang masuk dan melintas di Gowa. Kita akan jadikan sebagai salah satu syarat kelayakan kendaraan,” kata Mappasomba.
Kadis Perhubungan Gowa, Firdaus, menambahkan, kegiatan ini akan memotivasi pihaknya untuk lebih meningkatkan pelayanan. Apalagi Dishub Gowa telah terakreditasi.
”Insha Allah tahun depan kita mampu meningkat menjadi Akreditasi B,” kata Firdaus dihadapan para undangan yang hadir di antaranya jajaran Polres Gowa diwakili Kasat Lantas, Iptu Hasrawati, Kasdim 1409 Gowa, Mayor Inf Husain Samaun, para pimpinan PO (Pengurus Organda) se-Sulsel dan Pemerintah Kecamatan Pallangga.
Kasubdit Manajemen Keselamatan Direktorat Sarana Tranportasi Jalan, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Avi Mukti Amin, mengatakan, sosialisasi dan launching APCT ini sengaja dilaksanakan di Kabupaten Gowa, melihat Dishub Gowa sendiri merupakan satu-satunya Kabupaten di Sulselbar yang berakreditasi C pada penerapan pengujian kendaraan bermotor.
”Gowa satu-satunya daerah di Sulselbar yang mempunyai akreditasi C. Ini tentunya kami dari Dirjen perhubungan darat memberikan apresiasi kepada Pemkab Gowa, Khususnya pada dinas perhubungan,” kata Avi.
Avi juga menjelaskan sosialisasi alat pemantul cahaya tambahan ini sendiri sebelumnya telah dilakukan di wilayah Pulau Jawa. Sedangkan khusus di wilayah Sulsel dan Sulbar ditempatkan di Kabupaten Gowa.
”Kita berharap dengan penggunaan APCT ini mampu menekan jumlah kasus lakalantas. Paling tidak menurun hingga 50 persen,” terang Avi. (sar/mir/c)

Komentar Anda




Comments
To Top
.