Gojentakmapan

Pohon Pisang Ajaib Gegerkan Warga Benteng Somba Opu


GOWA, BKM — Warga yang bermukim di sekitar Benteng Somba Opu digegerkan dengan kehadiran dua pohon pisang yang dinilai berbeda dengan pohon pisang pada umumnya.
Dua pohon pisang yang berdekatan ini merunduk layaknya sedang bersujud. Satu pohon mengarah ke arah barat dan satu lagi mengarah ke timur. Selain itu, masing-masing pohon memiliki tiga jantung dan tandan lebih dari satu.
Pemilik pohon pisang, Abd Latief Dg Selle (45) menjelaskan, salah satu keajaiban yang tercermin pada dua pohon pisang miliknya yakni dua jantung pisang diantaranya bersumber dari satu cabang tungkai dan bersentuhan pada satu pucuk. Dibanding dengan tanaman lainnya, pohon itu memiliki buah beberapa tandang dengan satu jantung, satu tungkai dan satu pucuk. “Tidak biasanya pak ada pohon pisang seperti ini. Warga banyak datang melihat pohon pisang ini. Menurut mereka ciri-ciri pohon pisang beda dengan yang ada pada umumnya,” ujar Latief.
Abd Salam Dg Timung, tetangga pemilik pohon juga mengakui keanegan yang ada pada dua pohon pisang itu. Dia menyimpulkan, dua pohon tersebut adalah jantung pisang yang berlebihan dalam satu tungkai. Tapi tungkai-tungkai tersebut muncul dari pucuk secara wajar.
Dibanding dengan tanaman pisang yang biasa ditemukan, kata dia, tungkainya muncul dari pertengahan batang. Ciri ini biasanya mengandung berkah mistik.
“Tapi gambaran jantung yang berlebihan, kodrat yang membuat perbedaan, keaneka ragaman adalah rahmat yang mendorong tumbuhnya kehendak untuk saling menolong dan saling memerlukan dalam satu rumpun dengan kekuatan yang saling menguatkan,” tutur Salam memaknai keanehan pohon pisang itu. (zai-ril/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.