Gojentakmapan

Jamnas Hizbul Wathan Dihadiri 2 Ribu Pandu


MAROS,BKM — Sebanyak dua ribu pandu Hizbul Wathan (HW) dari seluruh Indonesia ikut serta dalam Jambore Nasional (Jamnas) ke-3 di Bumi Perkemahan Bantimurung Maros. Jamnas berlangsung mulai Minggu (2/8) hingga Kamis (6/8) mendatang.
Pembukaan Jamnas HW dihadiri Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang bersama ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam. Ketua panitia Jamnas HW ke-3 yang juga ketua Kwartir Wilayah Sulsel HW Andi Burhanuddin Ahmad mengatakan, Jamnas ke-3 HW sengaja digelar bersamaan dengan Muktamar Muhammadiyah ke 47 dan Muktamar Aisyiyah satu abad, agar pelaksanaan dua kegiatan besar tersebut semakin meriah.
“Sebenarnya Jamnas HW ini agenda internal, jadi tidak berhubungan dengan muktamar. Tapi biar makin ramai sengaja dilaksanakan bersamaan. Dan memang selalu begitu. Namun kemungkinan kedepan Jamnas tidak ikut agenda muktamar lagi,” paparnya.
Terkait kegiatan Jamnas, seluruh peserta, kata Andi Burhanuddin akan dibawa berwisata ke Trans Studio yang akan dibagi tiga sesi, mengingat banyaknya peserta. Selain itu, peserta Jamnas juga diperbolehkan masuk secara gratis ke Taman Wisata Alam Bantimurung di jam-jam tertentu, agar tidak mengganggu pengunjung diluar peserta Jamnas.
Selain itu, akan ada halang rintang yang bekerja sama dengan TNI Kostrad Sambueja, uji keterampilan melalui lintas alam. Peserta yang datang dari berbagai kota di Indonesia merupakan anggota terbaik dan terpilih yang diseleksi oleh masing-masing kwartir wilayah atau dengan persyaratan anggota pandu HW minimal pernah mengikuti jambore tingkat wilayah.
“Ini juga Jamnas pertama kalinya yang digelar diluar pulau Jawa. Agenda lima tahunan ini pada Jamnas pertama digelar di kota Batu Malang Jawa Timur dirangkaikan dengan Muktamar ke-45 selanjutnya 2010 lalu Jamnas kedua di Jogjakarta bersamaan dengan Muktamar ke-46,” ungkapnya.
Semenetara Wabup Maros HA Harmil Mattotorang dalam sambutannya dalam pembukaan Jamnas mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta. Menurut Harmil, Jamnas bagi Maros sangat penting untuk promosi wisata, khususnya bagi peserta dari luar Sulsel yang belum tahu banyak tentang potensi alam di Maros.
“Kami sangat senang karena Maros dipilih sebagai tempat kegiatan Jamnas. Sekalian kami ingin memperkenalkan potensi wisata alam kami kepada para peserta,” ucapnya.
Untuk menyambut peserta, lanjutnya, Pemkab Maros juga menyiapkan sedikitnya 40 toilet darurat, juga tim kesehatan dari Dinas Kesehatan serta air bersih dari PDAM Maros. (ari-ril/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.