Sulselbar

Lewaran Minta SKPD Siapkan KSPN


RANTEPAO, BKM — Badan Koordinasi Penataan Ruang menggelar rapat koordinasi (rakor) kerja untuk Toraja Utara, yang meliputi ruang lingkup pembangunan sektor pariwisata, kehutanan, pertanian dan perikanan. Rakor dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lewaran Rante’la’bi di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis (30/70.
Hadir dalam pertemuan ini Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Toraja Utara Daniel Tandi, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Petertanian dan Perikanan, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah, Camat Tallunglipu dan Camat Rantepao.
Ketua Bappeda Torut Daniel Tandi menjelaskan, rakor ini merupakan bentuk tanggung jawab dalam menata kondisi wilayah di Toraja Utara, dan bagaimana mengamati perkembangan pembangunan serta hal apa saja kurang selama ini.
”Salah satunya, begitu banyak masyarakat yang tidak bisa diawasi ketika melakukan pembangunan, sehingga tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Utamanya di sepanjang jalan raya hingga bantaran sungai,” kata Daniel Tandi.
Dalam pertemuan itu, Sekkab Lewaran Rante’la’bi meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terlibat dalam tim Badan Koordinasi Penataan Ruang untuk menyiapkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).
Menurut Lewaran, masyarakat harus mengerti dan memahami kondisi wilayah Toraja Utara yang sementara giat-giatnya melakukan penataan pembangunan. Mereka diminta untuk tidak sesuka hati mendirikan bangunan tanpa menyampaikan terlebih dahulu kepada pihak terkait.
”Sebab banyak hal yang harus dipenuhi. Termasuk menghindari dampak lingkungan. Karena kalau melanggar, utamanya yang tidak memiliki IMB, akan dilakukan pembongkaran oleh Satpol PP,” terang Lewaran.
Khusus kepada Dinas Kehutanan dan Pekerjaan Umum, Sekkab meminta untuk segera mendata daerah mana saja yang termasuk hutan lindung. Juga membuat peta jaringan internet melalui GPS agar dapat diakses oleh siapapun yang hendak berkunjung di Toraja Utara. (gus/rus/c)

Komentar Anda



Channel


Comments
To Top
.