Seleksi Pengawas TPS Pilkada 2024 di Parepare Memasuki Tahap Wawancara

  • Bagikan

PAREPARE,BKM.FAJAR.CO.ID--Pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pilkada 2024 di Kota Parepare kini memasuki tahap akhir, dengan 392 pendaftar siap mengikuti wawancara. Sebelumnya, mereka telah lolos seleksi administrasi dari total 400 pendaftar yang mendaftar hingga perpanjangan masa pendaftaran berakhir pada 10 Oktober.

Ketua Bawaslu Kota Parepare, Muh. Zainal Asnun mengatakan tes wawancara dilakukan untuk menggali pengetahuan pemilu, integritas diri, komitmen dan motivasi calon. "Tes wawancara untuk mengetahui kemampuan komunikasi dan kerjasama tim, kualitas kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi serta pengetahuan muatan lokal calon PTPS," jelas Zainal.

Penetapan tes wawancara ini mengacu pada Keputusan Bawaslu Nomor 301/HK.01.01/K1/09/2024 tentang petunjuk teknis pembentukan dan pergantian antar waktu (PAW) PTPS dalam pemilihan 2024. Selanjutnya tes wawancara sesuai jadwal dan tempat yang telah ditentukan oleh Panwaslu Kecamatan masing-masing.

Muh. Zainal menambahkan dalam tes wawancara akan dilakukan klarifikasi terhadap calon PTPS yang mendapat tanggapan dan masukan masyarakat bagi calon PTPS. "Kami berharap masyarakat dapat memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon PTPS yang telah diumumkan panwaslu kecamatan masing-masing," ungkapnya.

  • Bagikan