Kadiskes Bulukumba: Banyak Penderita Kanker Serviks

  • Bagikan

BULUKUMBA,BKM.FAJAR.CO.ID-- Portal Kesehatan Masyarakat (Portkesmas) menyelenggarakan Training of Communicators (ToC) Komunikasi Antar Pribadi Imunisasi HPV di Kabupaten Bulukumba, pada 23 hingga 24 September 2024. Kegiatan ToC ini, didukung oleh UNICEF Indonesia.

Kegiatan ToC ini, diikuti puluhan peserta yang terdiri dari tenaga kesehatan/kader, perwakilan guru (guru wali kelas 4 atau 5 SD/forum guru penggerak), dan penyuluh/komunikator LSM mitra UNICEF.

Di sesi akhir, dilaksanakan dialog dengan tema 'Komitmen Bulukumba dalam Perlindungan Kanker Serviks Sejak Usia Anak' di Aula Hotel Agri Bulukumba, Selasa, 24 September 2024.

Adapun narasumber dialog, di antaranya Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Bulukumba dr Muhammad Amrullah, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdisdikbud) Bulukumba Andi Rahmat Syafri, serta Spesialis Komunikasi Perubahan Perilaku UNICEF Indonesia Rizky Ika Syafitri. Sedangkan moderator yaitu Direktur Eksekutif Portkesmas dr Basra Amru.

Kadiskes Bulukumba dr Amrullah terlebih dahulu mengapresiasi komitmen dan peran media dalam mengedukasi dan mempromosikan layanan-layanan kesehatan ke masyarakat.

"Media sangat berperan penting dalam promosi kesehatan di Kabupaten Bulukumba," ungkap Amrullah.

Ia lebih jauh mengapresiasi UNICEF Indonesia dan Portkesmas dalam menyelenggarakan ToC Komunikasi Antar Pribadi Imunisasi HPV di Bulukumba. Dengan adanya ToC ini, tenaga kesehatan maupun kelompok masyarakat yang konsen terhadap isu-isu kesehatan mendapat pengetahuan baru.

"Semoga terbentuk pola komunikasi dalam merubah mindset masyarakat agar mengedepankan kekebalan kesehatan kepada anaknya melalui program-program imunisasi yang ada," ujar Amrullah.

Beberapa penyebab kanker serviks, katanya, seperti gonta-ganti pasangan, sering memakai barang yang tidak steril, sering memakai alat pembersih kemaluan yang bisa membuat sel-sel mengalami proses progresif, sehingga muncul sel-sel yang tidak normal.

"Kemudian salah satu pencegahannya, yah itu tadi, melakukan vaksinasi HPV," ujar Amrullah.

Editor: WARTA SHALLY HIDAYAT
  • Bagikan

Exit mobile version