Tok! KPU Bulukumba Tetapkan DPT Pilkada 2024,Ini Jumlahnya

  • Bagikan

BULUKUMBA,BKM.FAJAR.CO.ID-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Serentak tahun 2024. Hasilnya, DPT yang ditetapkan sebesar 344.983.

Penetapan ini, melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang digelar di Aula Kantor KPU Bulukumba, Jumat (20/9).

Selain ketua dan anggota KPU Bulukumba, rapat pleno terbuka ini, juga dihadiri Kepala Kesbangpol Bulukumba Ahmad Arfan mewakili Bupati, calon ketua DPRD Bulukumba Umy Asyiatun Khadijah, unsur Forkopimda, anggota Bawaslu Bulukumba Awaluddin, Liaison Officer (LO) masing-masing pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, serta ketua dan anggota PPK di sepuluh kecamatan di Bulukumba.

Anggota KPU Bulukumba Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Rakhmat Fajar, menjelaskan bahwa ada kenaikan jumlah DPT Pilkada 2024 jika dibandingkan dengan DPT pada Pemilu 2024 lalu.

Menurutnya kenaikan jumlah pemilih dipicu dengan dinamika data kependudukan, seperti berkaitan dengan pemilih baru, kemudian yang genap 17 tahun di hari-H pemilihan, serta anggota TNI-Polri yang memasuki masa pensiun dan memenuhi syarat didaftar sebagai pemilih.

"Ini yang menjadi beberapa penyebab terjadinya kenaikan angka DPT Pilkada 2024 jika dibandingkan dengan DPT pada Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2024," ungkap Rakhmat Fajar kepada wartawan, seusai penetapan DPT Pilkada 2024.

Editor: Warta Shally Hidayat
  • Bagikan