Komposisi Pimpinan DPRD Bulukumba Cerminkan Keseimbangan Kekuatan Politik

  • Bagikan

"Masyarakat berharap para legislator dapat bekerja secara jujur dan terbuka, serta tidak terjebak dalam kepentingan kelompok tertentu," katanya.

Kemudian, dari segi pengawasan yang kuat, DPRD diharapkan berperan aktif dalam mengawasi jalannya pemerintahan, khususnya terkait penggunaan anggaran daerah.

"Pengawasan yang efektif akan membantu mencegah penyalahgunaan kekuasaan dan korupsi, sehingga pembangunan bisa lebih tepat sasaran," jelas Herman.

Sebelumnya, DPRD Bulukumba menggelar rapat paripurna pengumuman dan penetapan Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Bulukumba Masa Jabatan 2024-2029. Rapat paripurna digelar di ruang rapat paripurna DPRD Bulukumba, Rabu (18/9).

Pengumuman dan penetapan Calon Pimpinan DPRD Bulukumba ini, berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPRD Kabupaten Bulukumba Nomor: 14/KPTS/DPRD-BK/IX/2024.

Selanjutnya, melalui Bupati Bulukumba, tiga calon pimpinan DPRD Bulukumba akan diusulkan penerbitan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulsel. Setelah SK tersebut terbit, maka akan dilakukan pelantikan Pimpinan DPRD Bulukumba oleh Ketua Pengadilan Negeri Bulukumba.

Sebelumnya juga, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba dan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bulukumba menaruh harapan besar agar pimpinan yang baru ditetapkan di rapat paripurna kemarin, dapat menjaga marwah DPRD Bulukumba selama satu periode ke depan.

Diketahui, Umy Asyiatun Khadijah merupakan legislator PKS. Sedangkan Fahidin HDK merupakan legislator PKB sekaligus Ketua DPC PKB Bulukumba, dan Syahruni Haris adalah legislator Partai Gerindra sekaligus Ketua DPC Partai Gerindra Bulukumba.

Di pemilu legislatif (Pileg) Bulukumba tahun 2024 lalu, PKS sukses mengunci kursi terbanyak dengan jumlah 7 kursi, disusul PKB 6 kursi dan Partai Gerindra 5 kursi. Meski Golkar juga meraih 5 kursi legislatif, namun Partai Gerindra memiliki suara lebih banyak dibanding beringin.(*)

Editor: Warta Shally Hidayat
  • Bagikan