Bawaslu Parepare dan KPU Kota Parepare Sinkronkan Data Pemilih Serentak 2024

  • Bagikan

PAREPARE,BKM.FAJAR.CO.ID--Bawaslu Kota Parepare bersama jajaran Panwas Kecamatan mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Serentak 2024 yang diadakan oleh KPU Kota Parepare, Kamis (19/9/2024), di Media Center KPU Parepare. Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara Bawaslu dan KPU dalam memastikan keakuratan data pemilih, terutama dalam mengatasi kendala di tingkat kecamatan.

Koordinator Divisi HPPH Bawaslu Kota Parepare, Susilawati, menekankan pentingnya sinkronisasi data pemilih. Bawaslu telah menerima dokumen rekap DPSHP dari Panwascam, baik di tingkat PPS maupun PPK. Ia menyoroti perlunya peninjauan lebih lanjut terhadap pergerakan data yang terjadi selama proses pleno, guna memastikan perubahan jumlah pemilih telah sesuai dengan masukan masyarakat.

"Rapat ini penting untuk memeriksa perubahan data dan memastikan bahwa tanggapan masyarakat terhadap DPS telah ditindaklanjuti dengan benar," ujar Susilawati. Ia juga menekankan perlunya verifikasi faktual terhadap pemilih yang belum ditemukan saat pencocokan oleh Pantarlih, untuk memastikan hanya pemilih yang memenuhi syarat yang terdaftar dalam DPT.

Selain itu, Susilawati menekankan pentingnya pembaruan data pemilih disabilitas, yang berpengaruh pada perencanaan logistik di TPS. Ia berharap PPK dan PPS dapat memastikan data pemilih disabilitas tercatat dengan benar.

Editor: Warta Shally Hidayat
  • Bagikan