Andi Utta-Edy Manaf Diperkuat 28 Wakil Rakyat, Pengamat: Sulit Imbangi Petahana

  • Bagikan

"Jangan jemawa. Mari bekerja maksimal, bersosialisasi dengan tidak merendahkan lawan. Mari tetap santun dengan prinsip sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi," ujar Andi Utta didampingi Andi Edy Manaf beberapa waktu lalu.

Diketahui, skema politik Pilkada Bulukumba tahun 2024 hampir dipastikan 'Head to Head'. Sebab hanya dua Paslon yang telah mendaftar di KPU Kabupaten Bulukumba, yaitu Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf dan Jamaluddin M Syamsir-Tomy Satria Yulianto.

Kepastian terjadinya head to head, sisa menunggu penetapan Paslon secara resmi oleh KPU Kabupaten Bulukumba pada 22 September 2024 mendatang, di mana sekarang masih dalam tahapan penelitian persyaratan administrasi calon.

Sementara itu, Direktur Nurani Strategic Nurmal Idrus berpandangan saat ini agak sulit mengimbangi kekuatan petahana. Menurutnya dengan stabilisasi pemerintahan yang terjaga di periode pertama dan tingkat kesukaan masyarakat Bulukumba terhadap Andi Utta yang masih tinggi, maka perlu upaya luar biasa untuk mengalahkannya kali ini.

"Penantangnya perlu menemukan program pro-rakyat yang terbaik untuk menarik simpati pemilih. Selain itu, mereka harus menghitung dengan baik ritme temu langsung di masyarakat yang harus lebih banyak dari yang dilakukan petahana di masa sosialisasi dan kampanye ke depan," ungkap Nurmal Idrus.

Nurmal Idrus lebih dalam berpendapat bahwa yang paling penting adalah bagaimana Paslon penantang punya kemampuan dalam menyediakan dana kampanye yang besar. Hal ini perlu, kata dia, karena petahana juga dikenal punya kemampuan lebih untuk itu.

Selanjutnya sokongan kekuatan dari parpol koalisi yang gemuk dimiliki petahana, masih bersifat debatebel. Sehingga menurut Nurmal, semuanya tergantung dari cara tim pemenangan mengelola partai politik tersebut.

"Jika tak dikelola dengan baik, maka mereka akan hanya menjadi kendaraan saja. Tetapi jika dikelola dengan baik, maka akan menghasilkan kekuatan yang besar karena mereka sejatinya punya basis suara terutama para caleg-caleg terpilihnya," jelasnya.

Foto: Konsolidasi Pimpinan Parpol dan Anggota DPRD dari Gabungan Parpol Koalisi di Kediaman Andi Utta sehari sebelum pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba tahun 2024.(*)

Editor: Warta Shally Hidayat
  • Bagikan

Exit mobile version