Balai Bahasa Provinsi Sulsel Melakukan Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif Merdeka

  • Bagikan

MAKASSAR,BKM.FAJAR.CO.ID -- Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan kembali melakukan Uji Coba Instrumen Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka.

Diketahui uji coba instrumen UKBI Adaptif Merdeka ini digelar di Jalan Sultan Alauddin tepatnya di lantai 2, Aula Balai Bahasa Provinsi Sulsel. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yang dimulai pada tanggal 26--27 Agustus 2024.

Ketua tim KKLP UKBI, Nurlina Arisnawati S.Pd M.Pd. mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengujicobakan instrumen atau soal-soal UKBI yang telah disusun dan divalidasi oleh para pakar dan sekaligus melihat apakah masih ada kekurangan atau tidak pada soal-soal tersebut.

"Ini adalah kegiatan uji coba instrumen atau uji coba soal UKBI Adaptif Merdeka dan ini kita menggunakan aplikasi Uji UKBI Dinamis, dan tentu ini berbeda dengan Uji UKBI Adaptif Merdeka krn tujuannya juga berbeda. Kita ingin mengetahui apakah soal-soal yang telah diberikan apakah masih ada kekurangan atau tidak dari segi penulisan, pilihan jawaban, dan sebagainya," ungkap Nurlina Arisnawati.

Nurlina memaparkan bahwa soal-soal yang ada pada Uji UKBI Dinamis ini merupakan soal dari pusat dan sudah diuji oleh para pakar bahkan kegiatan uji UKBI ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia sejak 16-+30 Agustus.

Editor: Warta Shally Hidayat
  • Bagikan