Pemuda Desa Mitra Bosowa Semen Tingkatkan Skill di Bidang AC

  • Bagikan

MAROS,BKM.FAJAR.CO.ID-- Puluhan pemuda di desa mitra PT Semen Bosowa Maros mengikuti pelatihan Perawatan dan Perbaikan Air Conditioner (AC), Senin (19/8/2024).

Tak tanggung tanggung peserta mengikuti masa magang selama 12 hari di pabrik Bosowa. Pelatihan AC ini dinilai penting karena mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area. Umumnya menggunakan siklus refrigerasi tetapi kadang menggunakan penguapan. Biasanya digunakan untuk kenyamanan dan pendingin di gedung-gedung perkantoran, industri dan kendaraan bermotor. Konsep pendingin udara diketahui telah diterapkan di Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan.

Community Development Sptd Budiman Habe mengatakan, pelatihan ini dirancang tidak hanya untuk memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar dalam teknik pendingin, tetapi juga menekankan pada pentingnya penerapan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). serta menguasai keterampilan teknis dalam instalasi kelistrikan dan pemipaan, termasuk pemasangan unit AC, baik di dalam maupun di luar ruangan. "Peserta pelatihan dilatih secara intensif bersama teknisi andal kami, dengan keterampilan esensial seperti membongkar dan membersihkan unit AC, melakukan pemeriksaan kebocoran refrigerant, serta proses pengisian refrigerant. Program pembelajaran dirancang untuk memandu secara bertahap, memastikan bahwa setiap peserta mampu menjalankan pemasangan dan service AC dengan ketelitian dan keahlian yang tinggi," ujarnya di Maros.

  • Bagikan