Presiden Jokowi Apresiasi Upaya Dekarbonisasi yang dilakukan PT Vale Indonesia Tbk

  • Bagikan

Kegiatan Festival LIKE 2 2024 yang berlangsung pada 8 hingga 11 Agustus 2024 di Jakarta ini diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan merupakan perayaan tahun ke-11 dari berbagai upaya sustainability yang telah dijalankan oleh berbagai pihak di Indonesia.

Event ini menjadi forum bagi berbagai pihak untuk berbagi ide, inovasi, dan solusi dalam menghadapi tantangan lingkungan global.
Pada pembukaan festival, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, menekankan pentingnya kolaborasi antar sektor untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Dekarbonisasi adalah kunci untuk masa depan yang lebih baik. Kita harus bersama-sama mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam setiap aspek pembangunan, dari industri hingga pendidikan,” ujar Siti Nurbaya dalam pidato pembukaannya.

Sebagai bagian dari komitmennya untuk mencapai Net Zero Emission pada 2050, PT Vale terus melakukan transformasi operasional yang fokus pada pengurangan emisi karbon. Salah satu langkah nyata adalah pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mendukung kegiatan pertambangan dengan energi terbarukan.

Selain itu, PT Vale juga telah memulai program pengimbangan emisi karbon (carbon emission offset) dan reklamasi lahan dengan tujuan restorasi ekosistem.

PT Vale juga menunjukkan komitmen yang kuat dalam pengelolaan lingkungan melalui program reklamasi dan rehabilitasi lintas batas Daerah Aliran Sungai (DAS).

Tercatat sejak Juni 2024, PT Vale telah berhasil mereklamasi sekitar 4.000 hektare lahan bekas tambang dan merehabilitasi lebih dari 3.500 hektare DAS di sekitar wilayah operasinya.

Target PT Vale adalah merehabilitasi seluruh DAS yang terpengaruh aktivitas operasionalnya hingga 2030, sebagai bagian dari upaya menjaga keseimbangan ekosistem dan mengembalikan fungsi hutan.Febriany Eddy selaku CEO PT Vale Indonesia Tbk, menyatakan, jika keikutsertaan dalam Festival LIKE 2 adalah cerminan dari komitmen PT Vale untuk menjadi pelopor dalam dekarbonisasi industri pertambangan dan pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab.

“Kami percaya bahwa dengan inovasi dan kolaborasi, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,”katanya.Lebih lanjut dijelaskan jika Upaya PT Vale dalam dekarbonisasi juga mencakup adopsi teknologi rendah karbon dan kendaraan listrik dalam operasional sehari-hari di area pertambangan. Semua inisiatif ini diarahkan untuk mengurangi jejak karbon dan memitigasi dampak lingkungan dari kegiatan operasional, sekaligus mendukung tujuan global dalam mengatasi perubahan iklim.(rls)

  • Bagikan