Presiden Jokowi Apresiasi Upaya Dekarbonisasi yang dilakukan PT Vale Indonesia Tbk

  • Bagikan

JAKARTA,BKM.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka menjawab tantangan global terhadap perubahan iklim, PT Vale Indonesia Tbk berkomitmen kuat untuk menerapkan praktik pertambangan yang berkelanjutan dan inovatif.

Dalam upayanya untuk mencapai Net Zero Emission pada 2050, PT Vale telah meluncurkan berbagai inisiatif dekarbonisasi yang mencakup penggunaan energi terbarukan, seperti pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dan teknologi pengimbangan emisi karbon.

Praktik ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi jejak karbon perusahaan tetapi juga untuk mempromosikan pemulihan lingkungan melalui program reklamasi dan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang luas.

Upaya ini melibatkan pemantauan dan pengelolaan emisi secara ketat, implementasi teknologi rendah karbon, dan partisipasi aktif dalam proyek-proyek konservasi.

Dengan fokus pada inovasi berkelanjutan dan pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab, PT Vale berkomitmen untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan ke dalam setiap aspek operasionalnya.

Dedikasi ini menjadi sorotan utama dalam Festival Lingkungan, Inovasi, dan Kearifan Energi (LIKE) 2 2024, yang menghargai kontribusi perusahaan terhadap keberlanjutan lingkungan, di mana Presiden Joko Widodo secara khusus mengunjungi booth PT Vale pada hari Jum'at (9/8) presiden Jokowi memberikan penghargaan atas kontribusi perusahaan dalam dekarbonisasi.

Selama kunjungannya, Presiden Jokowi memuji upaya PT Vale dan melihat hasil dari proyek rehabilitasi pohon yang telah ditanam sebelumnya. “Sudah tahun lalu berkunjung, PT Vale sudah bagus,” kata Presiden Jokowi sambil memberikan jempol kepada tim PT Vale.

Pentingnya peran perusahaan seperti PT Vale dalam mendukung visi nasional untuk pengurangan emisi karbon dan transisi ke energi bersih juga mendapat apresiasi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar.Menurut Siti Nurbaya, PT Vale sudah sangat bagus dalam komitmennya menerapkan praktik pertambangan yang baik. Komitmen itu juga sudah mendapat pengakuan dari Presiden Jokowi.


“PT Vale sudah bagus dalam komitmennya, Pak Presiden juga sudah menyampaikan ke saya. Makanya, Pak Presiden menanyakan keberadaan PT Vale dalam kegiatan kampanye Festival Lingkungan, Iklim,Kehutanan dan Energi (LIKE) dan saya arahkan melihat langsung komitmen tersebut,” katanya.

  • Bagikan