Tim PKM-PM UNM Berikan Konseling Pada Tunagrahita di SLB-C YPPLB Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR,BKM.FAJAR.CO.ID--Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan konseling pada peserta didik tunagrahita di SLB-C YPPLB Makassar yang terletak di Kecamatan Mariso.


Tim bernama Logred Couns ini beranggotakan lima orang, yaitu Akbar Gibran Yusri, Fiqrul Khazanah Balong, Haerunnisa, Zulfadhilah Tiar Arifin dan A. Fajrul Islam serta dosen pembimbing Akhmad Harum. Adapun tema yang diusung yakni ‘Konseling Logoterapi & Client Centered untuk Mengembangkan Karakter Kemandirian, Resilensi Tunagrahita SLB-C YPPLB n0 sebagai Coping Beyond Menggenggam Masa Depan’.


Ketua tim, Akbar Gibran Yusri mengungkapkan programnya sudah berlangsung dimulai dari pembuatan proposal PKM pada Februari lalu. Kemudian dinyatakan lulus pendanaan hingga pelaksanaan kegiatan di SLB sejak Mei sampai saat ini.


“Setelah pengumuman lulus pendanaan di tanggal 20 April, kami kembali ke SLB tersebut untuk menggali data yang dibutuhkan. Dan bulan Mei sampai saat ini, kami intens melaksanakan PKM di sana,” ujar Agy.


Lebih lanjut, mahasiswa Bimbingan dan Konseling ini menjelaskan seluruh rangkaian kegiatan yang ia lakukan bersama timnya untuk peserta didik di SLB tersebut terdiri dari 3 tahapan, yaitu pretest atau pengukuran awal, pelaksanaan aktivitas, dan melakukan posttest atau pengukuran akhir.


Pada pretest dilakukan untuk mengidentifikasi bagaimana karakter kemandirian dan resiliensi yang dimiliki oleh anak tunagrahita. Kemudian pelaksanaan aktivitas dipetakan menjadi 3 topik yakni:

  • Bagikan