Kobarkan Semangat Kebangsaan, GenBi Sulsel Ikuti Giat Bela Negara

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID — Sebanyak 230 Mahasiswa/i yang berasal dari 3 (tiga) Perguruan Tinggi Negeri di Makassar yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar yang tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) mengikuti kegiatan ”Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building” mulai tanggal 7 hingga 9 Juni 2024 di Mako Lantamal VI – Makassar.
Kegiatan ini diawali opening ceremony dan leaders talk oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rizki Ernadi Wimanda bersama dengan Komandan Lantamal VI – Makassar, Brigadir Jendral TNI (MAR) Andi Rahmat M. Adapun tujuan kegiatan adalah sebagai ajang silahturahmi, penguatan keorganisasian dan memperluas wawasan kebangsaan, selain itu untuk optimalisasi kemampuan GenBI dalam berorganisasi agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam pemberdayaan masyarakat, serta memperkuat pengetahuan kebanksentralan sehingga dapat menjadi garda terdepan dalam mengkomunikasikan kebijakan terkini Bank Indonesia.
Pada kesempatan tersebut, Rizki menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wadah pembelajaran dan pengalaman yang berharga untuk mendorong semangat anak-anak muda agar semakin mencintai tanah air, serta memberikan kiat-kiat untuk membentuk jiwa kepemimpinan melalui 4AS yaitu Kerja Keras, Kerja Tuntas, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas.
“Dengan adanya kegiatan ini, Kami berharap GenBI dapat membentuk sikap disiplin waktu, jiwa kebersamaan dan solidaritas, mental fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme, melatih jiwa leadership, membentuk iman dan taqwa yang dianut oleh individu, serta berperilaku jujur, tegas, dan adil,” paparnya.
Sementara itu, Danlantamal VI-Makassar berharap bahwa setelah mengikuti pelatihan ini, GenBI tetap termotivasi untuk berusaha keras dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita. Beliau menekankan pentingnya sikap pantang menyerah, kerja keras, dan bersyukur dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
”Keberhasilan dan kesuksesan kegiatan ini tidak akan tercapai tanpa didasari oleh kedisiplinan dan loyalitas yang tinggi. Karena itu adik-adik GenBI, jangan gampang menyerah dan terus bersyukur,” ujarnya
Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM dan pengembangan soft skill para penerima Beasiswa Bank Indonesia, serta mencapai tujuan utama GenBI yaitu sebagai change agents, future leaders, dan frontliners komunikasi kebijakan Bank Indonesia. (rhm)

  • Bagikan

Exit mobile version