Peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional, Merawat Senyuman Sehat untuk Generasi Mendatang

  • Bagikan


Drg. Arny juga mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil screening pada tahun 2022, sekitar 800 siswa membutuhkan perawatan gigi lebih lanjut, namun hanya sekitar 145 yang mengunjungi fasilitas kesehatan. Ini menunjukkan bahwa 8 dari 10 anak mengalami masalah gigi, dan hanya 3 di antaranya yang mendapatkan akses perawatan.


"Oleh karena itu, salah satu yang kami dorong adalah peningkatan akses anak-anak ke fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan gigi secara berkala," tegas drg. Arny.


Sementara itu, Program Manager Save the Children memaparkan bahwa berdasarkan data awal dari Save The Children tahun 2022 di Luwu Utara dan Luwu Timur, sekitar 95% anak mengalami masalah gigi. Saat ini, Program Healthier Smiles mendampingi lebih dari 18.000 siswa siswi di dua Kabupaten, 40 Sekolah Dasar di Luwu Timur dan 45 Sekolah Dasar di Luwu Utara.


"Kami ada di 40 sekolah dasar di Luwu Timur, termasuk 2 SLB. Program ini tidak hanya menargetkan anak-anak, tapi juga keluarga dan lingkungan sekitar," jelas Robert.

"Siswa akan mencatat progres mereka dalam Logsheet yang mereka terima, tantangan 21 hari ini dikembangkan berdasarkan riset. Jika dijalani secara berkelanjutan selama 21 hari, itu dapat menjadi kebiasaan."


"Setelah satu tahun program Healthier Smiles, ada beberapa hasil yang luar biasa. Berdasarkan evaluasi tantangan 21 hari, sekitar 80% anak melakukan perubahan sesuai dengan petunjuk logsheet. Ini adalah pencapaian yang luar biasa, dan anak-anak tidak hanya mendapatkan kesehatan gigi yang lebih baik, tetapi juga kepercayaan diri dan keterampilan berbicara di depan umum. Bahkan ada beberapa anak yang mengajarkan keluarganya, termasuk orang tua, tentang cara menyikat gigi dan CTPS yang benar," jelas Robert.


Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional adalah momen yang penting untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan merawat gigi dengan baik dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan gigi dan mulut, kita dapat menciptakan generasi mendatang dengan senyuman sehat.


Acara ini dihadiri oleh sedikitnya 500 peserta, termasuk Bupati Luwu Timur, Drs. H. Budiman; Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat Luwu Timur, Dra.Hj. Sufriaty, MM; Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. dr. H. M. Ishaq Iskandar, M.Kes; Perwailan SKPD Luwu Timur; Ketua PDGI Lutim, Drg. Muhammad Yusuf Pagiling beserta Tim; Camat Malili; Kepala Puskesmas; Kepala Sekolah; Program Direktur Yayasan Celosia Marennu Indonesia, Alauddin Latief; Program Manager Healthier Smiles Save The Children, Robert Nufinu; orang tua murid; undangan; dan siswa SD.


Komitmen untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dimulai sejak usia dini. Orang tua dan pendidik memiliki peran penting dalam membimbing anak-anak dalam merawat gigi dan mulut mereka dengan benar.

Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional menjadi waktu yang tepat bagi orang tua dan pendidik untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada anak-anak agar mereka menjadi generasi dengan senyuman sehat.(rls)

  • Bagikan

Exit mobile version