Upayakan Kurangi Polusi, Robby Kurniawan Dorong Peningkatan Penggunaan Angkutan Umum Massal di Kota Bogor

  • Bagikan

“Tarif untuk tiga golongan khusus ini mendapatkan subsidi dari pemerintah hingga dua kali. Subsidi pertama diberikan untuk tarif yang berlaku sesuai PMK 55 Tahun 2023 dan subsidi berikutnya diberikan kepada tiga golongan khusus tersebut. Jika tarif untuk golongan umum sesuai dengan PMK sebesar Rp 4.000, maka tarif untuk tiga golongan khusus akan lebih murah dibandingkan tarif yang ada di dalam PMK," jelas Robby.

Untuk bisa mendapatkan manfaat berupa tarif khusus saat menggunakan layanan BISKITA Trans Pakuan masyarakat yang termasuk dalam tiga golongan khusus tersebut dapat mendaftarkan diri pada tautan registrasi tarif khusus BISKITA yang terdapat pada halaman Aplikasi dan Layanan Online yang dapat diakses melalui website bptj.dephub.go.id.

Untuk kriteria pelajar berhak mendapatkan manfaat ini adalah pelajar yang berusia 7-18 tahun, untuk golongan lansia minimal berusia 60 tahun, sedangkan untuk kategori disabilitas tidak ada batasan usia. Sementara itu dokumen-dokumen yang wajib disiapkan untuk melakukan mendaftar yaitu scan Kartu Keluarga (KK) dan KTP (lansia dan disabilitas), foto diri, nomor telepon, serta nomor kartu non tunai (Mandiri E-Money/BNI Tap Cash/BRI Brizzi/Flash BCA) yang digunakan.

Selain pemberlakuan tarif khusus bagi golongan pelajar, lansia, dan disabilitas, saat ini BPTJ bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Bogor juga akan segera memberlakukan tarif integrasi/ pindah koridor BISKITA Trans Pakuan. Nantinya dengan adanya tarif terintegrasi, maka pada saat penumpang berpindah bus tidak perlu membayar lagi dalam waktu 90 menit.

Layanan BISKITA Trans Pakuan di Kota Bogor merupakan percontohan dari skema pembelian layanan / Buy The Service sebagai upaya dan strategi Kementerian Perhubungan untuk menstimulan penyediaan dan pengembangan transportasi massal berkelanjutan (sustainable).

Kehadiran bus yang nyaman dan aman merupakan hal yang selalu diutamakan. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan yang menekankan pentingnya pengembangan angkutan massal perkotaan.(#)

  • Bagikan