Wabup Edy Manaf Hadiri Pembukaan STQH, Bawa 58 Orang Kontingen

  • Bagikan

BULUKUMBA,BKM.FAJAR.CO.ID- Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di Lapangan Pemuda Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar, Selasa 2 Mei 2023 malam.

Pembukaan STQH ke 33 ini dihadiri oleh Wakil Bupati Andi Edy Manaf, Asisten Administrasi Pemerintahan, Andi Baso Bintang, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Hj. Darmawati, dan Kepala Kantor Kemenag Bulukumba HM Yunus serta pejabat lainnya dari provinsi dan kabupaten kota lainnya.

Pembukaan ditandai penabuhan bedug oleh Gubernur Andi Sudirman didampingi Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali – Saiful Arif, dan Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni.

Sebelumnya Gubernur Sulsel bersama seluruh undangan yang memadati Lapangan Benteng, disuguhi dengan pementasan seni tari dari sanggar seni Tanadoang dengan tema Sallang Ri Tana Barakka (Islam di tanah yang berkah).

Pertunjukan seni budaya ini untuk menggagas dan meramu kilas balik sejarah perjalanan islamisasi di Kabupaten di Selayar, tepatnya di Kerajaan Gantarang yang dibawa oleh Datu Ribandang.

Selain itu, seluruh kontingen Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan, tampil mengikuti defile di hadapan gubernur dan para undangan.

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali dalam sambutannya menyambut gembira pelaksanaan STQH XXXIII Sulsel ini, apalagi ditempatkan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

”Allah SWT telah menggariskan bahwa semua kafilah se Sulawesi Selatan akan berkumpul di Selayar, karena dipersaudarakan oleh nilai-nilai kebangsaan dan agama, serta dipertemukan oleh kecintaan kepada Al-Qur’an dan Hadits,” kata Bupati Basli Ali

Dikatakan, STQH bukan hanya sekedar untuk mencari juara dalam bacaan, hafalan dan pemahaman Al-Qur’an dan Hadits, tetapi yang paling utama adalah melalui STQH ini, kita membumikan Al-Qur’an, mencetak generasi Qur’ani, serta Al-Qur’an mewarnai perilaku dan tindak tanduk dalam bermasyarakat, berbangsa, dan mampu mewujudkan Sulawesi Selatan yang religius, sebagaimana tema STQH ke 33 ini “Berlomba dan Bersinergi Membangun Sulawesi Selatan Bermotivasi Religi”

  • Bagikan