Dorong Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah, BI Bersinergi Stakeholder Gelar Pekan Ekonomi Syariah

  • Bagikan

Selanjutnya, rangkaian kegiatan Pesyar 2023 juga menghadirkan showcasing produk modest fashion melalui event Trend Hijab x IN2MOTIONFEST pada 7-16 April 2023 di Hotel Claro, Makassar.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi stimulus utama dalam pengembangan modest fashion muslim di Sulawesi Selatan sekaligus mendorong peningkatan kualitas dari fashion daerah agar dapat diterima dan bersaing di pasar internasional.

Berdasarkan penilaian indikator ekonomi syariah global, Indonesia memiliki keunggulan dan menduduki peringkat ketiga dunia pada sektor modest fashion.

Rangkaian kegiatan yang ketiga adalah pelatihan pelaku usaha halal. Dalam hal ini, Bank Indonesia bersama dengan stakeholders terkait menginisiasi pendampingan sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM, pelatihan bagi pendamping dan penyelia halal, pelatihan juru sembelih halal, dan pendampingan sertifikasi Rumah Potong Ayam (RPA).

Semua ini dilakukan dalam rangka menjamin kehalalan produk sekaigus mendorong pengembangan rantai nilai halal yang berkelanjutan.

Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawei Selatan terus membutuhkan dukungan, sinergi, dan kolaborasi dari berbagai pihak.

Sehubungan dengan itu perlu adanya jalinan kerja sama yang baik (ukhuwwah) antara pemerintah pusat dan daerah, pelaku usaha, pemuka agama, akademisi, media massa, dan seluruh elemen masyarakat.

Bank Indonesia menyampaikan apresiasi sedalamnya kepada Gubernur Sulawesi Selatan beserta jajaran, unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, serta seluruh pihak yang senantiasa mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawesi Selatan. (rhm)

  • Bagikan