Kapolres Luwu Hadiri Launching Program Percepatan Penurunan Stunting

  • Bagikan

"Kita melihat ini penurunan sangat kecil, sementara pada tahun 2024 harus diturunkan ke 14 persen. Dari 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel, terdapat 11 daerah mengalami penurunan. Khusus Gowa, angka stunting masih stagnan. Sementara itu, ada 12 kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan angka stunting. Saat ini, Makassar masih menjadi wilayah dengan presentase angka stunting terendah di angka 18,4 persen. Meski begitu, angka stunting beberapa kecamatan masih cukup tinggi." Demikian terangnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pemerintah Indonesia menargetkan angka stunting turun hingga 14 persen pada tahun 2024, tantangan dalam pelaksanaan program percepatan penurunan stunting ini ialah banyaknya remaja putri yang berisiko anemia, banyaknya ibu hamil yang tidak memeriksakan kehamilannya minimal 6 kali, banyaknya Posyandu yang kurang aktif beroperasi termasuk banyaknya relawan kader yang belum terstandarisasi.

Sementara itu Kapolres Luwu AKBP Arisandi, mengatakan bahwa Kabupaten Luwu sendiri, prevalensi stunting menurut Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan di tahun 2021 sebesar 22,8 persen dan di tahun 2022 sebesar 26,7 persen, atau naik sebesar 3,9 persen.Perlu adanya upaya sinergitas dan kolaboratif seluruh stakeholder terkait serta elemen tokoh sentral dalam edukasi pencegahan stunting.

"Kita akan cek di setiap wilayah Polsek jajaran Polres Luwu agar kemudian kami bisa ikut membantu menyalurkan kebutuhan bagi masyarakat, bagi ibu-ibu hamil yang membutuhkan tambahan gizi dan anak-anak yang dalam masa pertumbuhan sehingga tujuan mewujudkan sumber daya manusia yang sehat cerdas dan produktif dapat tercapai", ungkap AKBP Arisandi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. Chuzaini Patoppoi, para PJU Polda Sulsel, Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Polda Sulsel, Kapolres jajaran Polda Sulsel, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulsel, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, 153 Bhabinkamtibmas, Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Polda Sulsel serta tamu undangan dan media.(rls).

  • Bagikan