Abdul Razak Munir Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Manajemen Pemasaran Unhas

  • Bagikan

"Perubahan dari proteksi ke liberalisasi dapat mengakibatkan UMKM mengalami
penurunan pangsa pasar akibat persaingan yang semakin ketat," kata Acha.

Untuk itu melalui hasil penelitiannya, Acha memperkenalkan tiga
konsep baru yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemasaran UMKM.

Pertama, kemenarikan produk berbasis geo-budaya.

"Perusahaan barang kerajinan bisa menambahkan fitur-fitur budaya dan letak geografis tertentu yang memiliki prospektif bagi konsumen untuk tertarik membeli produk oleh-oleh," ujarnya.

Kedua, kemenarikan estetika akulturasi.

"Mengkombinasikan atribut lokal dengan estetika modern bisa menghasilkan produk yang menarik untuk diperkenalkan ke pasar global," katanya.

Ketiga, kapasitas meresonansi merek.

"Perusahaan perlu memiliki kemampuan untuk mengharmoniskan merek dan citra dalam pandangan konsumen," tuturnya.

Ketiga konsep baru yang dikemukakan Acha merupakan sintesis dari berbagai teori yang telah mapan dalam ilmu manajemen.

Merespon orasi ilmiah Acha, Rektor Unhas Jamaluddin Jompa menuturkan Unhas mempunyai produk yang dihasilkan dari berbagai fakultas, namun masalahnya ada dipemasaran.

"Jadi kami berharap kontribusi dari teman-teman fakultas ekonomi bisa maju dan mengembangkan bisnis Unhas," tutupnya.

Keterangan foto: Abdul Razak Munir Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Manajemen Pemasaran Unhas, Kamis (22/12/2022).(rls)

  • Bagikan

Exit mobile version