Kolaborasi Tim Dosen UNM-UMI di Desa Bontominasa

  • Bagikan

Tim Dosen UNM-UMI dan Pemerintah Desa Bontominasa bersepakat dan komitmen dalam mewujudkan kemandirian pangan melalui beberapa kegiatan, yakni pelatihan pembuatan akuaponik & pengenalan sistem minapadi, pelatihan pembuatan pupuk organik cair & kompos, pemanfaatan bunga telang sebagai minuman herbal dan pelatihan pemasaran berbasis digital. Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2022 ini melibatkan kelompok tani, Ibu-ibu PKK, UMKM dan Bumdes setempat.

“Hasil kegiatan penelitian dan pengabdian dari kolaborasi tim dosen UNM-UMI yang terdiri dari berbagai displin ilmu tentunya memudahkan kami dalam merealisasikan kegiatan matching fund ini, selain itu pelibatan mahasiswa juga dapat memberi inspirasi untuk kegiatan MBKM Membangun Desa ataupun kegiatan yg sejenis” kata Pak Dr. Arsad Bahri sebagai ketua tim.

Melalui kegiatan ini, masyarakat mitra diharapkan mampu menerapkan dan memanfaatkan inovasi teknologi yang telah diberikan oleh tim dosen, berupa pengetahuan, wawasan dan peralatan aquaponik, minapadi, bunga telang, pupuk organik dan website pemasaran digital desa.
Sejalan dengan harapan tersebut, Kepala Desa Bontominasa berharap kolaborasi ini tidak hanya berhenti di tahun ini, tetapi dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya.(rls)

  • Bagikan