Yesma Diskusi Bersama Media Bahas Program Inklusi di Tana Toraja

  • Bagikan

Kita sepakat dengan mitra kerja  mandiri menjalankan program inklusi  termasuk biaya program sebab tujuannya sama. Dan yang terpenting bagaimana memberikan perhatian, didikan anak dan perempuan korban kekerasan rumah tangga. Demikian pula penyandang disabilitas, masyarakat tidak mampu ekonomi, baik pendidikan, dan Kesejahteraan sosial.

Program Yesma sala satunya mengatasi krisis sosial seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak. Demikian pula kemiskinan dan perceraian tinggi di Tana Toraja diatasi secara bersama, ujar Lenynda.

Ditambahkan fasilitator Mayjanwar, 5 manfaat akan dicapai dari program inklusi dirasakan dan dinikmati, selain kelompok disabilitas, juga lansia, perempuan kepala keluarga,  perempuan korban kekerasan, dan keluarga marginal di wilayah program.

Kedepan tidak ada lagi merasa tertinggal dan menjadi penonton, termasuk kesetaraan gender, maupun menurunkan angka perceraian. Apalagi program inklusi Yesma bertujuan memberdayakan masyarakat termarjinalkan. 

Yesma berikan ruang menyampaikan pendapatnya setiap pertemuan penentuan kebijakan, sebab
kebutuhan setiap kelompok berbeda, sehingga dibutuhkan kajian mendalam pengambilan kebijakan. Selama ini kelompok marjinal kerap tidak dilibatkan dan diundang setiap kali pengambilan keputusan, sehingga kebutuhan mereka tidak terakomodir, pungkas Mayjanwar (gus).

  • Bagikan