Zadrak Minta Ketua DPD RI Dukung Pengembangan Destinasi KSPN Tana Toraja

  • Bagikan

Asisten II Pemkab Tana Toraja, Yunus Sirante, menambahkan, daya tarik utama pengembangan pariwisata daerah ini selain pemandangan bentang alam nan eksotik dari Puncak Buntu Sarira ke seluruh penjuru Toraja,  juga hamparan awan di pagi hari serta sunrise dan sunset. Demikian pula kolam alam di Tilangnga', goa alam Kambuno, Alang Deata (Lumbung Dewa), Glamping Area, Gugusan Buntu Sarira, Desa Wisata Sarira dan panjat tebing.

"Mengenai aksesibilitas kami harapkan mudah dijangkau oleh semua jenis kendaraan roda dua dan roda empat," katanya.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung penuh pengembangan pariwisata di Tana Toraja. Menurutnya, sektor pariwisata merupakan penggerak roda perekonomian di tingkat dasar.

"Pariwisata langsung bersentuhan dengan masyarakat. Saya setuju agar Tana Toraja ini terus dikembangkan, sehingga menjadi destinasi unggulan dengan ciri dan karakternya sendiri," kata LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu menambahkan, potensi keunikan sosial budaya Tana Toraja yang dipadu dengan kekhasan alam memerlukan rencana pengembangan yang mengedepankan dimensi budaya maupun lingkungan dengan berorientasi pada peningkatan ekonomi, yang pada gilirannya memajukan kesejahteraan masyarakat.

"Tentu tujuan utama dari pengembangan sektor pariwisata ini adalah bagaimana pondasi perekonomian masyarakat semakin kuat. Maka, keterlibatan masyarakat dalam pengembangan pariwisata merupakan satu keharusan dalam memajukan daerah," ujar LaNyalla.

Ia terus mendorong agar sektor kepariwisataan Tana Toraja mendapat prioritas untuk dikembangkan. Apalagi, Tana Toraja telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan juga Kawasan Strategis Nasional (KSN).

"Tentu ini menjadi harapan besar bagi percepatan pengembangan kepariwisataan Tana Toraja sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan," papar LaNyalla (agus).

  • Bagikan