Zadrak Minta Ketua DPD RI Dukung Pengembangan Destinasi KSPN Tana Toraja

  • Bagikan

MAKALE, BKM.FAJAR.CO.ID --Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg, meminta dukungan Ketua DPD RI, La  Nyalla Mahmud Mattalitti, pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Hal itu disampaikan Zadrak saat Ketua DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Tana Toraja, Rabu (21/9/2022).

Menurut Zadrak, Tana Toraja salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Indonesia dengan potensi budaya yang unik dan alam yang indah.

"Namun, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir pariwisata Tana Toraja mengalami pasang surut, terutama dengan adanya wabah Covid-19," paparnya.

Zadrak menyebut Pemkab Tana Toraja telah menyusun rencana strategis pengembangan pariwisata yang berdimensi budaya dan lingkungan dengan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Namun, rencana yang telah disusun tersebut masih belum optimal dalam memajukan kepariwisataan Tana Toraja.

"Berbagai perubahan yang terjadi, termasuk kondisi kepariwisataan internasional ternyata berpengaruh terhadap kepariwisataan Tana Toraja yang stagnan," ujar dia.

Salah satu faktor penting yang perlu dibenahi adalah aksesibilitas yang merupakan permasalahan yang perlu  segera ditindaklanjuti.

"Oleh karenanya, kami berharap pengembangan pariwisata Tana Toraja dapat mengakomodir tuntutan, perubahan, kendala dan permasalahan yang terjadi agar dapat menunjang pengembangan pariwisata Sulawesi Selatan," ujar Zadrak.

  • Bagikan