Dampak Kenaikan BBM, Pemprov Sulsel Segera Salurkan BLT

  • Bagikan
int Ilustrasi BLT

Jika tak ada aral melintang, Paling lambat Rabu 7 September pembagian itu dilaksanakan di Sulsel. “Kita berharap secepatnya, karena saat ini baru rapat pembentukan Satgas, besok Selasa atau Rabu lah penyalurannya,” ungkap Irawan.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang, mengungkapkan, jika tak terkendali, kenaikan BBM bisa memicu inflasi dan mengancam perekonomian masyarakat.Apalagi, salah satu dampak kenaikan BBM yang tidak bisa dihindari adalah kenaikan harga kebutuhan pokok. Di sisi lain, saat ini aktivitas ekonomi masyarakat baru mulai bergerak setelah terpuruk akibat pandemi covid 19.

"Kita tentu berharap dampak kenaikan harga BBM ini bisa kita tekan," ujarnya, Senin (5/9)
Ia mengungkapkan, salah satu langkah yang diambil pemerintah adalah dengan menyiapkan stok kebutuhan pokok yang cukup. Kemudian, mendekatkan daerah produksi dan pemasaran. Disamping itu, biaya transportasi bisa ditekan dengan melakukan perbaikan infrastruktur.

Meski demikian, Andi Darmawan mengakui, Pemprov Sulsel tidak menyiapkan anggaran khusus terkait hal tersebut, karena sudah menjadi kebijakan Pemprov. "Seperti perbaikan-perbaikan jalan untuk memperlancar distribusi itu sudah kami lakukan," ungkapnya.

Pemprov Sulsel, sambungnya, juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten kota. Terutama dalam penyediaan stok kebutuhan pokok, agar inflasi bisa ditekan dan harga bisa dikendalikan.
"Yang paling terdampak sudah dipastikan adalah harga kebutuhan pokok. Tetapi kenaikan harga ini kita masih liat perkembangannya. Seberapa besar dampaknya. Bersama pemerintah kabupaten kota, kita sama-sama mengendalikan ini," imbuhnya.(jun)

  • Bagikan