Tim Pengabdian Universitas Hasanuddin Dampingi Lansia di Kampung Parang

  • Bagikan

Terdapat beberapa rangkaian pada kegiatan pengabdian ini, yaitu pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pengukuran tinggi dan berat badan, penyuluhan tentang hipertensi, dan latihan relaksasi otot progresif untuk menurunkan tekanan darah.
Kegiatan berlangsung lancar dengan diikuti oleh para peserta yang menyimak berbagai penjelasan yang diberikan oleh tim pengabdian Unhas. Lansia dan keluarganya yang menjadi peserta pada kegiatan ini mengajukan berbagai pertanyaan terkait masalah kesehatan yang dihadapi sehubungan dengan kondisi hipertensi.

Melalui wawancara, pada Kamis (1//9), Dosen FKep Unhas Arnis Puspitha mengungkapkan harapannya agar kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dapat membantu dan memberdayakan keluarga yang merawat lansia yang memiliki hipertensi, sebab hipertensi ini merupakan penyakit yang cenderung berlangsung lama, sehingga dibutuhkan partisipasi aktif keluarga (caregiver) dalam perawatan lansia dengan hipertensi hingga lansia dan keluarga mandiri dalam merawat kesehatannya sendiri.(rls)

  • Bagikan