PDAM Makassar Bakal Kelola Air Limbah

  • Bagikan
ist LEPAS--Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, melepas peserta kegiatan jalan santai memperingati HUT ke-97 PDAM Makassar, Minggu (7/8). Wali kota menitip pesan ke manajemen PDAM yakni amankan air baku, olah air limbah, dan tambah daerah pelayanan.

Direktur Utama PDAM Makassar, Beni Iskandar, menerangkan, pihaknya sudah melakukan studi banding ke Bali untuk melihat cara pengelolaan air limbah. Selain itu, sudah ada investor dari China yang tertarik dan siap membantu PDAM untuk membangun reservoar air limbah dengan kapasitas hingga 4000 meter persegi.
Kesiapan PDAM mengelola air limbah itu sudah direncanakan sejak awal pelantikan jajaran direksi definitif. Bukan hanya empat direksi, Wali Kota Makasar Mohammad Ramdhan Pomanto menambah jumlah direksi jadi lima. Direksi baru yang ditambahkan adalah Direktur Pengelolaan Air Limbah.
Namun, yang jadi kendala saat ini adalah butuh payung hukum dalam hal ini Peraturan Daerah (Perda) agar PDAM bisa mengelola air limbah.
"Kita berharap Pemkot Makassar dan DPRD bisa menginisiasi lahirnya Perda terkait air limbah agar kita bisa bergerak," ungkap Beni di sela-sela kegiatan jalan santai memperingati HUT ke-97 PDAM Makassar, Minggu (7/8).
Dia menambahkan, pihaknya sudah punya data terkait calon pelanggan air limbah di Makassar. PDAM juga sudah mengantisipasi penyerahan Ipal yang saat ini sementara dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di tiga kecamatan. Yakni di kecamatan Mariso, Ujung Pandang, dan Mamajang.
Lebih jauh dikemukakan, di usianya yang sudah mendekati satu abad itu, pihaknya juga berkomitmen untuk memperluas jangkauan pelayanan (coverage).
"Terkait coverage 80 persen yang ditargetkan kepada kami, waktu saya masuk Desember coverage kita di 60 persen hari ini coverage di angka 68 persen. Insya Allah ke depan bisa semakin meningkat pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat," kata Beni.
Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, kepada manajemen PDAM menyampaikan tiga pesan untuk ditindaklanjuti. Diantaranya amankan air baku, olah air limbah, dan tambah daerah pelayanan.
"Menjaga sumber air itu penting. Buat penghijauan di wilayah sumber air baku Lekopancing. Selain itu, amankan aset PDAM di sepanjang saluran dari Lekopancing hingga sepanjang Abdullah Dg Sirua. Tanami pohon," ujar Danny kemarin usai mengikuti Jalan Santai PDAM,kemarin.
Dia juga meminta semua manajemen mulai dari karyawan, jajaran direksi, komite audit, hingga dewan pengawas kompak untuk memajukan PDAM ke depan. (rhm)

  • Bagikan

Exit mobile version