Boyke Kupas Tuntas Seks Bebas, Kanker Serviks dan Kesehatan Wanita di Toraja

  • Bagikan

MAKALE, BKM.FAJAR.CO.ID--Dr Boyke Dian Nugraha, dokter spesialis Kandungan kerap berbicara terbuka mengenai kesehatan kandungan, bahkan juga seks secara global.

Seperti pada seminar bertajuk Kupas Tuntas Seks Bebas, Kanker Serviks dan Kesehatan Wanita, Minggu (31/7)  di Panta Hotel Makale, diprakarsai Perempuan Indonesia Maju Tana Toraja.

Dokter Boyke  jelaskan mengurangi risiko terkena kanker serviks dengan tidak berganti-ganti pasangan seksual, menggunakan kondom saat berhubungan intim, dan tidak merokok.

Menurut Boyke, kanker serviks masih merupakan satu-satunya kanker yang bisa dicegah dengan vaksin. Selain itu kanker serviks tidak menimbulkan gejala pada stadium awal,  kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara.

Dan berdasarkan penelitian dirilis WHO ahun 2014  lalu kurang lebih 92 ribu kasus kematian pada wanita di Indonesia disebabkan penyakit kanker. Ditamba data Kementerian Kesehatan RI, setidaknya terjadi 15000 kasus kanker serviks setiap tahunnya di Indonesia, kata Boyke.

Penulis: AgusEditor: Warta
  • Bagikan