Sekjen PDIP Beri Kuliah Umum di Unhas, Ini yang Dikatakan Hasto Terkait Geopolitik Sukarno

  • Bagikan
int/Fajar Hasto Kristiyanto

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID--Doktor Ilmu Pertahanan, Hasto Kristiyanto, yang juga Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P), hadir memberikan kuliah umum yang digelar Universitas Hasanuddin, Kamis (28/07/2022).

Kegiatan yang membahas "Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara" berlangsung mulai pukul 09.30 Wita di Auditorium Prof Amiruddin, Fakultas Kedokteran, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, menyampaikan ungkapan terima kasih atas kehadiran narasumber beserta rombongan di Unhas.

Dia mengatakan topik yang dibahas sangat menarik untuk diketahui secara mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia.

"Nasib suatu bangsa ditentukan oleh geografisnya terutama sumber daya alam. Di Unhas banyak dosen yang memberikan perhatian terhadap diskursus geopolitik. Tentunya ini harus menjadi pemahaman bersama. Kedatangan bapak Hasto akan memberikan kita pencerahan bagaimana geopolitik masa lalu dan bagaimana Soekarno mengambil bagian kala itu," jelas Prof. JJ.

Setelah sambutan selamat datang, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Hasto mengatakan, geopolitik secara umum berbicara tentang fenomena politik berdasarkan pada faktor geografis.

Menurut Hasto, cara pandang geopilitik memberikan dampak terhadap kemajuan bangsa.

  • Bagikan