Delapan Proyek Keluar dari PSN,Kereta Api di Sulsel Bertahan

  • Bagikan
ist Proyek rel kereta api Sulsel.

Sebelumnya, dalam Perpres nomor 3 tahun 2016, Bendungan Jenelata dan Spam Mamminasata, menjadi dua proyek yang masuk dalam PSN di Sulsel, namun akhirnya dikeluarkan.

Dua bendungan yaitu Bendungan Karraleo dan Passelorang telah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulkaf S Latif, mengatakan jika ada PSN yang dikeluarkan di Sulsel tentu akan memberikan dampak buat invetasi yang tercatat di provinsi.
“Tentu ini akan memberikan dampak buat invetasi. Pembebasan lahan saja ini sudah tercatat sebagai investasi. Belum lagi kalau dibangun. Artinya, jika ini terealisasi tentu artinya ada perputaran uang terjadi di sini,” terang Sulkaf, Kamis (28/7).

Ia mencontohkan, pembangunan Kereta Api Makassar-Parepare saat ini terus dikerjakan. Namun untuk penetapan lokasinya masih tertunda di Makassar, karena penolakan.

"Ini tentu akan merugikan. Ada uang yang akan beredar dari pembebasan lahan Rp1,2 triliun. Kalau ini kemudian terkendala, sangat merugikan,” ujarnya

.
Sulkaf menyebutkan, proyek kereta api ini bukan invetasi yang sebentar, tapi jangka panjang. Sebab ada pergerakan barang dan jasa. Untuk itu ia berharap proyek ini dapat segera rampung sehingga dapat menumbuhkan invetasi lainnya di wilayah sekitar. (jun)

Penulis: juniEditor: warta
  • Bagikan