Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Sulsel Meningkat

  • Bagikan
int PEMERIKSAAN--Petugas kesehatan hewan sedang memeriksa hewan ternak untuk mengetahui virus PMK. Pemkot Makassar meminta agar satgas lebih memaksimalkan edukasi dan sosialisasi pada peternak agar dapat menjadi perhatian untuk menjaga kesehatan hewan ternak.


Adapun langkah pengendalian efektif, kata Abdul Hayat, dengan depopulasi. Yaitu pemutusan mata rantai perkembangan virus, memutus tempat hidupnya. Adapun pemilik ternak yang terjangkit virus PMK, akan mendapatkan bantuan berupa uang dari Kementrian Pertanian."Penetapan bentuk bantuan berupa uang dan besarannya ditetapkan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan selaku KPA," ungkapnya.


Adapun alokasi dan pelaksanaan vaksinasi, saat ini sementara dalam tahap distribusi. Rinciannya, Tana Toraja 1.500 dosis, Toraja Utara 2.000 dosis, Bone 2.000 dosis, Makassar 500 dosis, Gowa 1.500 dosis, Jeneponto 2.000 dosis, Bantaeng 500 dosis, Takalar 500 dosis, dan Unhas 500 dosis. Totalnya, 11.500 dosis."Saya berharap, semua pihak membangun sinergitas dan kolaborasi dalam pengendalian kasus penyakit mulut dan kuku ini di Sulsel," harapnya. (jun)

  • Bagikan

Exit mobile version